BERITA

Gunung Papandayan Terbakar, Pendakian Ditutup

"Salah seorang relawan dan guide di Gunung Papandayan, Efran Sopiana mengatakan, pemicu api diduga karena puntung rokok yang dibuang di Tegal Alun."

Gunung Papandayan Terbakar, Pendakian Ditutup
Gunung Papandayan/Foto Erfan Sopiana.

KBR, Jakarta - Kawasan padang Edelwies (Tegal Alun) di Gunung Papandayan, Garut terbakar sejak kemarin. Salah seorang relawan dan guide di Gunung Papandayan, Efran Sopiana mengatakan, pemicu api diduga karena puntung rokok yang dibuang di Tegal Alun. Hingga siang ini, kata Erfan, api masih berkobar dan asap putih membumbung di udara.

"Petugas setempat sama relawan (yang berusaha memadamkan), kadang BPBD cuma di lapangan nanti," kata Erfan kepada KBR, Senin (7/9/2015).

Erfan menuturkan dugaan penyebab kebakaran oleh puntung rokok muncul karena tidak ada yang berkemah di atas Tegal Alun.

"Ya mungkin dari puntung rokok. Soalnya gak ada yang nge-camp di atas (Tegal Alun)," ujarnya.

Erfan menambahkan, akibat kebakaran ini sudah ada 100 hektar hutan yang terbakar. Karena kebakaran, mulai hari ini aktivitas pendakian di Gunung Papandayan ditutup untuk sementara.


Kata Erfan hingga kini para petugas dan relawan tengah berusaha memadamkan api dengan membuat sekat-sekat galian. Sebab di musim kemarau seperti ini, api juga merambat di bawah tanah melalui humus yang kering.


"Kebakaran di gunung itu paling susah dipadamkan, soalnya api merambatnya dari atas dan dari bawah tanah melalui humus yang terpendam," kata Erfan.


Sebagai info, kebakaran di Kawasan Gunung Papandayan terakhir terjadi pada 2012 dan 2007.?


Editor : Sasmito Madrim

  • Gunung Papandayan
  • kebakaran
  • puntung rokok kebakaran

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!