BERITA

Dalam 4 Hari, Kebakaran Lima Hutan Gunung Seluas 300 Hektar Belum Tertangani

"Kkebakaran terjadi di hutan TN Gunung Merapi Jawa Tengah, hutan lindung di Gunung Lokon, Tomohon Sulawesi Utara, hutan di Gunung Sindoro, Wonosobo Jawa Tengah, dan kawasan hutan Gunung Wilis Jatim."

Aisyah Khairunnisa

Dalam 4 Hari, Kebakaran Lima Hutan Gunung Seluas 300 Hektar Belum Tertangani
Ilustrasi hutan Gunung Merapi. (Foto: kemdikbud.go.id)

KBR, Jakarta - Hanya dalam kurun waktu empat hari terakhir, lima hutan di kawasan gunung seluas lebih dari 300 hektar terbakar. Kebakaran sulit dilakukan karena medan yang berat dan tidak ada air.

Informasi yang diterima KBR dari Juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan kebakaran antara lain terjadi di hutan Taman Nasional Gunung Merapi Jawa Tengah, hutan lindung di Gunung Lokon, Tomohon Sulawesi Utara, hutan di Gunung Sindoro, Wonosobo Jawa Tengah, dan kawasan hutan Perhutani di Gunung Wilis, Kabupaten Kediri Jawa Timur.


Kebakaran di TN Gunung Merapi melanda 39 hektar hutan di Dusun Gunung Pasir, Desa Ngablak, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang. Kebakaran terjadi pada Rabu (23/9).


Kebakaran di hutan Gunung Merapi ditangani 275 orang personel gabungan dari BPBD, TNI, Polri, TN Gunung Merapi, relawan dan masyarakat. Api belum bisa dipadamkan karena medan berat. Selain itu semak belukar, alang-alang dan hutan yang kering menyebabkan api meluas cepat.


Di hari yang sama, Rabu (23/9), hutan di Gunung Lokon terbapar dan belum bisa dipadamkan hingga kini. Api meluas ke puncak gunung dan sulit dipadamkan.


Sementara itu di Kabupaten Wonosobo, kebakaran yang terjadi di Gunung Sindoro sejak Selasa (22/9) lalu juga belum selesai dipadamkan. Api membakar 237 hektar hutan, yang berada di RPH Sigedang khususnya di Petak 16e, 16i dan 18c (210 hektar), serta RPH Anggrunggondok khususnya di Petak 19i dan 21 (seluas 67 hektar). Sedangkan api di Petak 55 belum bisa dipadamkan.


Di Jawa Timur, kebarakan juga terjadi sejak Senin (21/9) lalu di kawasan Perhutani di Gunung Wilis seluas 25 hektar. Kebakaran lain terjadi di lereng Gunung Arjuna, di Blok Sumber Kuning, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Kebakaran terjadi sejak Selasa (22/9) pagi dan masih ditangani dua tim pemadam api.


Editor: Agus Luqman 

  • kebakaran hutan dan lahan
  • Karhutla
  • Gunung Merapi
  • Gunung Lokon
  • Gunung Wilis
  • Gunung Sindoro
  • Gunung Arjuna

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!