Cari Hewan Kurban? Waspada Kambing Kudisan di Jombang

Rata-rata penyakit yang menjangkiti hewan kurban antara lain penyakit skabies atau kudisan karena jamur atau parasit yang menempel pada kulit kambing.

BERITA | NUSANTARA

Selasa, 22 Sep 2015 12:44 WIB

Author

Muji Lestari

Cari Hewan Kurban? Waspada Kambing Kudisan di Jombang

Petugas Dinas Kesehatan memeriksa kelayakan hewan kurban di Jombang. (Foto: Muji Lestari/KBR)

KBR, Jombang – Dinas Peternakan Kabupaten Jombang, Jawa Timur melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah lapak pedagang hewan kurban di pinggir jalan protokol.

Dalam sidak penerapan standarisasi kelayakan hewan kurban itu, Dinas menemukan sejumlah kambing berpenyakit skabies (scabies) atau penyakit kulit dan infulenza.
 
Kepala Bidang Pengawasan Hewan, Azis Daryanto mengatakan rata-rata penyakit yang menjangkiti hewan kurban antara lain penyakit skabies atau kudisan karena jamur atau parasit yang menempel pada kulit kambing.

Selain itu juga ada kambing terkena influenza karena iritasi saluran pernafasan dampak faktor perubahan cuaca. Kambing influenza juga disebabkan karena sanitasi kandang tempat berjualan yang tidak layak.
 
"Jadi tadi kita sudah memberi vitamin untuk menambah staminanya dan kita sarankan untuk dirawat. Saya kira hanya pilek biasa. Kemungkinannya karena di lokasi penampungannya banyak debu dan kita sarankan juga untuk dikasih air penampungannya agar tidak terlalu berdebu", kata Azis, (21/09/15).
 
Pemeriksaan hewan kurban dilakukan mulai dari kesehatan mata, mulut, kulit dan organ vital, semua tak luput dari pemeriksaan petugas.
 
Selain memberikan suntikan vitamin untuk seluruh hewan kambing yang diketahui sakit, petugas juga memisahkan kambing yang sakit dari yang lainnya. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran kedua penyakit yang gampang menular tersebut.
 
Dinas peternakan menghimbau masyarakat untuk lebih teliti dan waspada dalam memilih hewan untuk kurban. Sebab, jika dipaksakan untuk dikonsumsi akan berdampak kepada kesehatan fisik manusia.

Editor: Agus Luqman
 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Ramai-ramai Mudik Dini

Ramadan (Masih) dalam Pandemi Covid-19

Kabar Baru Jam 8

Disability Right Fund (DRF) Mitra Disability People Organisation (DPO)