BERITA

Belasan Bus TransJakarta Terbakar, Dishub DKI Sebut Kondisinya Rusak

Belasan Bus TransJakarta Terbakar, Dishub DKI Sebut Kondisinya Rusak

KBR, Jakarta - Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyatakan layanan operasional TransJakarta tidak terganggu dengan kasus terbakarnya 19 bus TransJakarta di Pool Rawabuaya, Jakarta Barat, pada Selasa (1/9) lalu.


Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Pargaulan Butarbutar mengatakan sebagian besar bus tersebut sebelumnya dalam kondisi rusak dan tidak lagi dioperasikan. Bus-bus itu tengah dalam masa perbaikan sebelum kebakaran terjadi.


"Umur bus ini kan sesuai kontraknya 7 tahun. Yang masih layak lagi diperpanjang. Kemarin diperpanjang 2 tahun, lalu diperpanjang lagi 1 tahun. Jadi sudah habis tidak ada lagi kontraknya. Sebenarnya bus ini tergantung perawatannya seperti apa, kalau perawatannya bagus ya panjang umurnya, kalau kurang bagus, umurnya pasti pendek," kata Pargaulan di Mapolda Metro Jaya, Rabu (2/9).


Pargaulan mengatakan beberapa bus tersebut mulai dikontrak pada tahun 2007 silam.


Saat ini Polda Metro Jaya tengah menyelidiki penyebab terbakarnya 19 bus TransJakarta di Pool Rawabuaya, Jakarta Barat. Belum ada dugaan awal penyebab kebakaran itu. Bus itu milik salah satu operator Transjakarta, yaitu PT Trans Batavia. Peristiwa yang terjadi Selasa (1/9) malam itu menyebabkan 15 bus hangus.


Direktur Utama PT TransJakarta Antonius Kosasih menjelaskan pool tersebut bukan milik PT TransJakarta, melainkan disewa oleh operator yaitu PT Trans Batavia.


Editor: Agus Luqman  

  • Transjakarta
  • Dinas Perhubungan
  • bus terbakar
  • transjakarta terbakar

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!