BERITA

Anggaran Telat 2 Bulan, Panwas Pilkada Banyuwangi Gadaikan Mobil

"Darma mengatakan akibat belum cairnya anggaran itu, mereka terpaksa menggadaikan BPKP mobil pribadi anggota untuk biaya operasional agar tahapan pilkada dapat berjalan. "

Anggaran Telat 2 Bulan, Panwas Pilkada Banyuwangi Gadaikan Mobil
Ilustrasi pemungutan suara. (Foto: kesbangpol.kemendagri.go.id)

KBR, Banyuwangi - Puluhan anggota Panitia Pengawas Lapangan (PPL) dan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur mendatangi kantor Panitia Pengawas Kabupaten (Panwaskab) Banyuwangi, Senin (7/9/2015).

Mereka mempertanyakan honor yang tidak kunjung cair dalam beberapa bulan terakhir.

Ketua Panwascam Kecamatan Giri Banyuwangi Darma Setiawan mengatakan sejak dilantik Juni lalu honor PPL tidak kunjung di cairkan. Begitu juga honor Panwascam hampir dua bulan ini juga tidak kunjung cair. 

Keterlambatan honor itu menimpa ribuan PPL dan Panwascam yang ada di Kabupaten Banyuwangi. 

Selain mempertanyakan keterlambatan honor itu, para PPL dan Panwascam itu juga mempertanyakan biaya operasional Panwascam yang juga tidak kunjung cair.

Darma mengatakan akibat belum cairnya anggaran itu, mereka terpaksa menggadaikan BPKP mobil pribadi anggota untuk biaya operasional agar tahapan pilkada dapat berjalan. 

Upaya tersebut terpaksa ia lakukan karena hingga saat ini dana operasional seperti untuk kebutuhan alat tulis kantor (ATK) belum ada. Padahal kata Darma, dana hibah untuk Panwaslu dari KPU setempat sudah cair.

"Ini kan sudah diketahui bersama secara umum bahwasanya dana itu sudah ngendon di rekening itu Rp9 miliar lebih, dan itu RAB sudah tersusun dengan rapi. Ini kerja kita mulai bulan Juni sejak dilantik, ini tentang hak dan kawajiban. Kita sudah menjalankan setiap jenjang laporan, tapi kenapa hak kita sebagai PPL dan Panwascam itu masih sampai 2 bulan ini belum cair, apa lagi dengan ATK. Laporan kan juga perlu ATK," kata Darma Setiawan (7/9/2015).

Ketua Panwascam Kecamatan Giri Banyuwangi Darma Setiawan menambahkan, dalam rancangan anggaran belanja (RAB) Panwaslu Banyuwangi, dana itu sudah jelas ada. Namun dalam realisasinya sampai saat ini belum dicairkan.

Dia meminta, Panitia Pengawas Kabupaten Banyuwangi segera mencairkan anggaran tersebut. sebab jika tidak dia, tidak berani menjamin  pengawasan tahapan  pemilukada di Banyuwangi berjalan maksimal.

Mendapati keluhan itu, Kepala Kesekretariatan Panwaslu Banyuwangi M Prima Jabara mengatakan anggaran untuk Panwascam dan PPL belum cair karena kendala teknis di Panwaslu Banyuwangi saja. Sebab Bendahara Panwaslu Banyuwangi kuasa pengguna anggaran, sejak akhir bulan Juni lalu mengalami kecelakaan.  Sehingga proses pencairan anggaran jadi tersendat.

Dia memastikan honor dan anggran operasional untuk Panwascam dan PPL di Banyuwangi akan cair pada awal-awal bulam September ini. 

Saat ini tahapan Pemilukada di Banyuwangi sudah masuk dalam tahapan kampanye.

Ada dua calon bupati yang masju dalam Pemilukada Banyuwangi tahun 2015 ini. yaitu pasangan calon bupati Abdullah Azwar Anas- Yusuf Widiatmoko dan pasangan calon bupati Sumanteri Sudomo- Sigit Wahyu Widodo.

Editor: Agus Luqman 

  • Panitia Pengawas Lapangan
  • PPL
  • Panitia Pengawas Kecamatan
  • panwascam
  • panitia pengawas pemilu
  • banyuwangi
  • jawa timur

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!