BERITA

Gempa Sorong Rusak Ratusan Rumah dan Lukai Puluhan Orang

"Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sorong dan BPBD Raja Ampat terdapat 17 orang luka berat, 45 orang luka ringan."

Eli Kamilah

 Gempa Sorong Rusak Ratusan Rumah dan Lukai Puluhan Orang
Peta Goncangan Gempabumi. (Foto : www.bmkg.go.id)

KBR - Gempa bumi berkekuatan 6,8 skala richter (SR) yang mengguncang Kota Sorong, Papua Barat pada Kamis malam mengakibatkan puluhan orang terluka. Data sementara yang dihimpun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sorong dan BPBD Raja Ampat terdapat 17 orang luka berat, 45 orang luka ringan.

BPBD telah melakukan penanganan bagi para pengungsi. Sementara untuk korban luka juga telah dirawat di Rumah Sakit Sele de Solu Kota Sorong. Posko darurat juga telah didirikan. Namun, BPBD Kota Sorong tidak memiliki tenda untuk menampung pengungsi.

Selain itu, BPBD juga mencatat ada 257 rumah rusak akibat gempa. Warga yang rumahnya rusak, bertahan dengan membangun tempat pengungsian seadanya.

Sebelumnya, gempa 6,8 SR terjadi pada Kamis tengah malam. Pusat gempa berada di laut dengan kedalaman 10 km dan episentrum berada di 31 km Timur Laut Kota Sorong, Papua Barat, atau 68 km Timur Laut Raja Ampat, Papua Barat.


Sumber gempa berada di daerah sesar Sorong. Gempa ini tidak berpotensi tsunami. Guncangan gempa dirasakan sangat kuat selama sekitar 15 detik oleh masyarakat Kota Sorong. Masyarakat berhamburan keluar rumah. Pasien di rumah sakit dievakuasi ke luar gedung.


Editor : Sasmito Madrim

  • Gempa Papua
  • Korban Luka
  • BPBD Papua

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!