NUSANTARA

Selamatkan Lingkungan Pesisir Cirebon, Ratusan Pecinta Lingkungan Tanam Mangrove

"KBR, Cirebon "

Fransiskus Mokalu

Selamatkan Lingkungan Pesisir Cirebon, Ratusan Pecinta Lingkungan Tanam Mangrove
mangrove, cirebon

KBR, Cirebon – Ratusan siswa dari sejumlah sekolah menengah atas di Kota dan Kabupaten Cirebon, serta puluhan aktivis pecinta lingkungan turun ke pesisir, menanam ratusan pohon mangrove. Ada 500 bibit yang ditanam.

Bibit magrove itu ditanam di sepanjang pesisir Kelurahan Panjunan Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon. Luas lahannya setengah hektar. Setelah menanam ratusan mangrove dilakukan juga aksi mengumpulkan sampah.

Kegiatan yang dikemas dengan tajuk 'Cirebon Go Green' ini, selain menyelamatkan biota laut di sekitar pantai Cirebon juga untuk mengurangi tingkat abrasi yang semakin menggerus bibir pantai, juga untuk memperkenalkan generasi muda akan pentingnya menjaga lingkungan sekitar pesisir.

“Kami bekerja sama dengan aktivis dan komunitas pecinta lingkungan di Cirebon sekaligus mengedukasi pelajar untuk lebih peduli pada lingkungan pesisir,” kata Cecep Supriyatna Koordinator Sanggar Lingkungan Hidup Cirebon, ditemui di sela-sela penanaman mangrove di kampung nelayan Kelurahan panjunan, Jumat (5/9).

Menurutnya, selain berdampak positif bagi lingkungan kegiatan ini juga dapat memberikan edukasi secara langsung kepada pelajar untuk lebih mencintai lingkungan sejak dini.

“Selama ini kan adik-adik pelajar ini belum mengenal lingkungan dengan baik, sekarang mereka langsung action di lapangan, ini loh keadaan di lingkungan kalian,” ujarnya.

Cecep melanjutkan, kerusakan biota laut di sekitar pesisir tidak bisa dianggap remeh, karena akan berdampak langsung pada penduduk yang tinggal di sekitar pesisir.

“Abrasi di pantai cirebon cukup tinggi saya tidak tahu pastinya berapa persen, bisa dilihat langsung dengan mata kita sendiri,” tandasnya.

Salah satu peserta dari Komunitas Backpaker Cirebon, Andriane Rini mengatakan, kegiatan ini baru pertama kali di pantai Cirebon, sebelumnya kegiatan yang sama dilakukan di Kabupaten Indramayu. “Ini yang pertama di Cirebon, kedepan kita akan cari lokasi lainnya,” tuturnya.

Menurutnya, memelihara biota sekitar pantai tidak hanya dilakukan oleh pecinta lingkungan saja, namun seluruh masyarakat dan pemerintah harus memiliki kepedulian yang tinggi untuk menjaga dan melestarikan daerah pantai.

“Kita akan menanam di tempat lainnya. Kita lihat saja di sini sampah dimana-mana, pohon mangrovenya pun cuma sedikit. Kalau pemerintah dan masyarakat sekitar peduli dengan lingkungan ini, maka pantai ini akan bersih dan indah,” katanya.

Editor: Pebriansyah Ariefana

  • mangrove
  • cirebon

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!