NUSANTARA

PKL di Balikpapan Menolak Dibatasi Waktu Berjualan

"KBR, Balikpapan - Ratusan pedagang kaki lima (PKL) Lapangan Merdeka Kota Balikpapan, Kalimantan Timur protes ke Gedung DPRD Kota, Senin (22/9) siang. Mereka menolak kebijakkan Walikota Balikpapan yang membatasi hari dan jam mereka berjualan."

PKL di Balikpapan Menolak Dibatasi Waktu Berjualan
PKL, balikpapan

KBR, Balikpapan - Ratusan pedagang kaki lima (PKL) Lapangan Merdeka Kota Balikpapan, Kalimantan Timur protes ke Gedung DPRD Kota, Senin (22/9) siang. Mereka menolak kebijakkan Walikota Balikpapan yang membatasi hari dan jam mereka berjualan.

Koordinator PKL Lapangan Merdeka Balikpapan Achmad Yani keberatan dengan keluarnya Surat Keputusan Walikota tertanggal 17 Agustus 2014 yang membatasi hari dan jam mereka berjualan. Sebelum SK itu keluar, PKL diperbolehkan berjualan mulai Sabtu hingga Minggu. Termasuk tanggal merah maupun ada event di Lapangan Merdeka.

Namun lanjutnya, setelah keluarnya para PKL hanya diperbolehkan berjualan khusus hari Minggu dengan jam yang dibatasi yakni mulai jam 06.00 – 10-00 WITA. Kemudan pada jam 15.00 – 18.00 WITA. Kebijakkan itu dianggap sangat merugikan para PKL, khususnya mereka yang harus menggelar tenda, karena waktu untuk pemasangan tenda saja hingga memakan waktu satu jam.

“Aturan baru ini kan keluar di SK Walkota per tanggaal 7 Agustus 2014 itu bahwa hanya diperbolehkan hari Minggu dengan jam-jam tertentu. Jam-jam tertentu itu seperti jam 06.00 sampai jam 10.00 pagi, setelah itu ditutup kembali lag berjualan jam 15.00 sampai jam 18.00 sore. Dalam kebjakkan itu kami menilai sangat-sangat merugikan bagi kami, ini kan ada jam-jam dibatasi kami yang sangat merugikan,” kata Achmad Yani, Senin (22/9).

Achmad Yani menambahkan, akibat pembatasan itu mereka kerugian karena kehilangan pendapatan hingga 75 persen. Mereka pun meminta Pemerintah Kota Balikpapan mengkaji ulang kebijakan itu.

Jumlah para PKL di Lapangan Merdeka mencapai 200-an, 60 PKL diantaranya berjualan menggunakan tenda dan seratusan merupakan pedagang asongan. Lapangan Merdeka merupakan tempat atau pusat masyarakat Balikpapan berolahraga, khususnya saat Sabtu hingga Minggu, termasuk tanggal merah.

Editor: Pebriansyah Ariefana

  • PKL
  • balikpapan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!