Pemkot Balikpapan: Program Bedah Rumah Segera Rampung

KBR, Balikpapan - Pemerintah Kota Balikpapan Kalimantan Timur memastikan program bedah rumah keluarga miskin (Gakin) akan rampung dalam dua bulan ke depan.

NUSANTARA

Minggu, 21 Sep 2014 16:53 WIB

Author

Teddy Rumengan

Pemkot Balikpapan: Program Bedah Rumah Segera Rampung

bedah, rumah, balikpapan, portalkbr

KBR, Balikpapan - Pemerintah Kota Balikpapan Kalimantan Timur memastikan program bedah rumah keluarga miskin (Gakin) akan rampung dalam dua bulan ke depan. Kepala Dinas Tata Kota Balikpapan Muhaimin mengatakan, tahun ini ada 130 rumah keluarga miskin yang dibedah, 80 di antaranya dibangun dengan dana APBD Provinsi, sementara 50 rumah menggunakan APBD kota. Jumlah ini meningkat dibanding tahun sebelumnya yang hanya 110 rumah. Peningkatan ini dikarenakan masih banyak warga berpenghasilan rendah yang tidak layak huni yang harus direnovasi. Biaya satu rumah yang dibedah itu mencapai Rp62 juta.

"Bedah rumah sedang dalam proses kegiatan, kalau yang di Tata Kota Insya Allah November ini selesa semua. (Jumlahnya) naik, karena juga masyarakat yang perlu mendapatkan bantuan bedah rumah juga memang banyak. Sekarang Tata Kota sudah punya database perumahan-perumahan (wilayah pemukiman) mana yang berhak rumahnya dibedah dan itu juga salah satu untuk meningkatkan hunian taraf hidup masyarakat," kata Muhaimin, Minggu (21/9).

Muhaimin menambahkan, ada beberapa persyaratan khusus bagi warga yang rumahnya akan dibedah. Di antaranya harus milik sendiri dengan menunjukkan bukti sertifikat dan bukan rumah sewa. Selain itu, rumah tersebut juga harus tidak melanggar tata ruang kotaatau berada dipinggir sungai. Program bedah rumah yang digulirkan Pemerintah Kota Balikpapan dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dimulai sejak 2008 silam.

Editor: Irvan Imamsyah

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 14

Kabar Baru Jam 13

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10