NUSANTARA

Kemhut Gelontorkan Rp 1,3 M Program Kluster Bambu Bondowoso

Kemhut Gelontorkan Rp 1,3 M Program Kluster Bambu Bondowoso

KBR, Bondowoso – Kementerian Kehutanan menggelontorkan dana hingga Rp 1,3 miliar untuk mengembangkan program kluster tanaman bambu Pemerintah Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur

Direktur Jenderal Bina Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Dan Perhutanan Nasional (BP DAS) Hilman Nugroho mengatakan, selain potensial dari sisi ekonomi, pengembangan kluster bambu ini juga merupakan program konservasi alam.


“Potensi di Bondowoso banyak, apalagi industrinya sudah ada industrinya, itu artinya sudah ada pasar. Kami berikan 1,3 miliar untuk 76 Kabupaten di Jawa – Bali termasuk di Bondowoso. Kalau sukses kita akan berikan bantuan lagi,” kata DR Hilman saat ditemui KBR usai membuka acara Workshop Pengembangan Kluster Bambu di Bondowoso, Rabu (10/09).

Menurut Hilman, selama ini produksi olahan bambu di Bondowoso hanya berkisar pada produksi kecil yang nilai ekonomisnya juga tidak banyak. Padahal, jika dikembangkan dengan sistem yang baik, produk olahan bambu ini bisa merambah pasar internasional.

Berdasarkan perencanaan yang telah disusun, pengembangan kluster tanaman bambu ini akan mulai dilaksanakan pada 2015 mendatang, dengan lahan percontohan seluas 40 hektar.

Editor: M Irham

  • kluster
  • bambu
  • bondowoso
  • lingkungan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!