NUSANTARA

Jombang Marak Isu Penculikan Anak Lewat BBM dan SMS

Jombang Marak Isu Penculikan Anak Lewat BBM dan SMS

KBR, Jombang – Kabupaten Jombang, Jawa Timur tengah dihebohkan kasus penculikan anak yang disebarkan lewat pesan singkat dan Blackberry Mesenger. Meski hanya bersifat sebaran isu, banyak sekolah SD resah.

Maka itu Kepolisian Jombang melakukan sosialisasi ke sejumlah Sekolah tingkat SD dan lingkungan masyarakat terkait maraknya isu penculikan anak tersebut. Polisi meminta pelajar dan orangtua murid untuk tidak mudah percaya dengan berita bohong yang cenderung menyesatkan. Terlebih pesan itu dikirimkan atas nama kepolisian.

Juru Bicara Kepolisian Jombang, Lely Bachtiar, meminta masyarakat melaporkan jika mendapati pihak tidak bertanggung jawab yang dengan sengaja menyebar broadcast (BC) yang dianggap menyesatkan itu. Lely menambahkan sosialisasi itu akan terus dilakukan ke sekolah tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Taman kanak-Kanak (TK).

“Kegiatan sosialisasi ini meluruskan adanya berita yang berkembang melalui broadcast baik itu melalui SMS atau informasi yang berkembang di masyarakat bahwa Polres Jombang tidak pernah atau tidak ada kejadian seperti penculikan maupun ditemukannya mayat yang dipenggal kepalanya, dan lain sebagainya. Diimbau kepada seluruh masyarakat bila menjumpai pihak-pihak lain yang mengatasnamakan Polres atau siapa saja agar segera melapor kepada pihak yang berwajib karena sudah meresahkan masyarakat Jombang,” Kata Lely.

Sebelumnya, masyarakat di Jombang dibuat gempar dengan beredarnya isu penculikan dan pembunuhan anak dengan Tempat Kejadian Perkara (TKP) di wilayah setempat. Pesan singkat berbentuk SMS atau Broadcast (BC) itu sendiri beredar dari satu orang ke orang lainya dalam beberapa hari terakhir.

Isinya meminta masyarakat agar berhati-hati karena sebelumnya telah terjadi kasus penculikan dan pembunuhan terhadap sejumlah anak di wilayah Kabupaten Jombang dan beberapa kota lainya di Jawa timur. Dalam berita itu, Pelaku membunuh dengan cara memutilasi beberapa bagian tubuh korbanya atau membawa lari anak dengan sebuah mobil.

Editor: Pebriansyah Ariefana

  • jombang
  • penculikan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!