Jakarta Hentikan Sistem Kejar Setor Angkutan Umum Pada 2016

KBR, Jakarta - Mobil angkutan umum di Jakarta akan mendapatkan bayaran berdasarkan jarak tempuh pada 2016.

NUSANTARA

Selasa, 23 Sep 2014 15:51 WIB

Author

Guruh Dwi Riyanto

Jakarta Hentikan Sistem Kejar Setor Angkutan Umum Pada 2016

angkutan umum, jakarta

KBR, Jakarta - Mobil angkutan umum di Jakarta akan mendapatkan bayaran berdasarkan jarak tempuh pada 2016. Kepala Dinas Perhubungan DKI Muhammad Akbar mengatakan kebijakan itu untuk meningkatkan pelayanan angkutan umum. Dengan pendapatan pasti, angkutan umum tidak akan mengorbankan pelayanan untuk mengejar jumlah penumpang.

"Kita siapkan dokumennya dulu, mungkin sampai Desember. 2015 kita perlu uji coba dulu satu atau dua trayek sambil dievaluasi kelebihan dan kekurangna apa, apa yang dirugikan dan diuntungkan. Setelah dievaluasi, 2016-2017 baru diperluas, karena permasalahan sosialnya luas banget karena ini ada supir yang akan terlibat, ada pemilik yang cukup banyak. Karena pemilik bukan satu atau dua, ada ribuan," kata Akbar di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (23/9).

Akbar menambahkan, DKI tengah mencari ruang hukum agar memungkinkan pemilik angkutan umum mendapat kepastian menjadi operator dalam sistem baru ini.

Pemda Jakarta mengaku mempelajari sistem ini dari Warsawa, Finlandia dan London, Inggris . Di sana, ada badan otoritas yang mengatur dan membayar seluruh angkutan umum berdasarkan jarak tempuh.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Polisi Sebut Pelaku Bom Bunuh Diri di Polrestabes Medan Beraksi Sendiri

Pemulihan Gambut Pasca Kebakaran