NUSANTARA

BMKG: Cuaca di NTB Normal, Namun Kekeringan Meluas

"Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) Kediri, Lombok Barat, NTB menyatakan iklim di NTB masih berada pada batas normal yakni 32-33 derajat celsius pada waktu siang hari."

Zainudin Syafari

BMKG: Cuaca di NTB Normal, Namun Kekeringan Meluas
cuaca, kekeringan, meluas, bmkg

KBR, Mataram- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) Kediri, Lombok Barat, NTB menyatakan iklim di NTB masih berada pada batas normal yakni 32-33 derajat celsius pada waktu siang hari. 


Meski normal, namun keadaan itu tidak seimbang dengan kekeringan yang semakin meluas. Bahkan, BMKG telah menetapkan rata-rata daerah di NTB sudah tidak hujan melebihi 60 hari sejak bulan Agustus 2014 lalu. 


Kepala Stasiun BMKG Kediri, Wakodim mengatakan, dengan iklim normal namun kekeringan yang meluas pesat tersebut, dikhawatirkan jika terjadi elnino sedang atau elnino kuat  bisa menimbulkan kekeringan yang parah. Sementara saat ini daerah di NTB yang paling kritis mengalami kekeringan adalah Lombok Timur bagian selatan.


“Tahun ini masih kategori tahun normal cuma tingkat kekeringannya lumayan cukup meluas karena BMKG sering sekali menginformasikan istilah elnino dan lanina. Elnino itu cenderung kekeringan dan lanina itu cenderung basah seperti tahun 2013 kemarin dan yang sekarang justru kondisi iklimnya normal tapi keringnya yang meluas."


Dia menambahkan, musim kemarau tahun ini belum dikategorikan sebagai musim kemarau terpanjang sejak beberapa tahun terakhir. BMKG memperkirakan hujan akan turun pada bulan November 2014 mendatang.


Editor: Dimas Rizky

  • cuaca
  • kekeringan
  • meluas
  • bmkg

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!