NUSANTARA

Arus Pendek Picu Kebakaran 7 Ruko di Cirebon

Arus Pendek Picu Kebakaran 7 Ruko di Cirebon

KBR, Cirebon – Kebakaran hebat menghanguskan tujuh rumah toko (ruko) berlantai dua di Kota Cirebon, Jawa Barat, Kamis pagi (18/9).

Ke tujuh ruko itu diantaranya adalah ruko yang menjual alat-alat listrik, salon, kantor koperasi, ruko penjual aksesoris handphone, ruko game online, baby shop, dan satu ruko kosong. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut, karena ruko-ruko ini buka sekitar pukul 09.00 WIB.

Kebakaran di Jalan Ciremai Raya Kecamatan Harjamukti itu akibat arus pendek di salah satu ruko yang berjualan perlengkapan listrik. Sekitar pukul 07.40 WIB api dengan cepat menyambar ruko-ruko yang ada di sebelahnya.

Salah satu saksi mata, Aris (29 tahun) mengatakan, ia dan kawan-kawannya sempat menyelamatkan dua motor yang ada di dalam ruko yang ditempatinya untuk koperasi. Namun ia tidak dapat menyelamatkan sejumlah dokumen dan komputer di lantai dua.

“Saya masuk kerja pukul 08.00 WIB. Kebakarannya cepat sekali, pas saya masuk ke dalam kantor, api sudah sampe tangga. Surat-surat, file-file dan komputer di lantai dua habis semua,” terang pemuda yang juga karyawan Koperasi tersebut, Kamis (18/9).

Sekitar 45 menit kemudian api berhasil dipadamkan, setelah tim pemadam kebakaran mengerahkan tujuh unit mobil pemadam.

Menurut Aris, ke tujuh ruko yang saling bersebelahan ini hanya memiliki satu atap hanya sekat-sekat sebagai pemisahnya, sehingga dengan cepat api menghanguskan ruko-ruko tersebut.

Sementara, Kepala Kantor Pemadam Kebakaran Kota Cirebon, Adam Nurudin mengatakan, langsung menerjunkan tim pemadam kebakaran setelah mendapatkan laporan dari warga.

“Kantor kami mendapatkan laporan sekitar pukul 08.15 WIB. Kami mengerahkan 5 unit mobil pemadam kebakaran, satu unit bantuan dari Kabupaten Cirebon, dan satu unit bantuan dari PT Arida,” terangnya.

Ia melanjutkan, ketika sampai di lokasi ruko-ruko tersebut sudah habis dilalap api, untuk memadamkan api sedikitnya menghabiskan 30 tangki air. Saat ini, pihaknya belum dapat memastikan jumlah kerugian akibat kebakaran. Perkiraan sementara, kata dia, kebakaran ini terjadi akibat korsleting listrik di salah satu ruko yang menjual alat-alat listrik.

“Menurut tim kami, untuk sementara kebakaran ini disebabkan oleh arus pendek listrik,” katanya. (Frans C. Mokalu)
 
Editor: Anto Sidharta

  • Pendek Picu
  • Kebakaran 7 Ruko
  • Cirebon

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!