NUSANTARA

Tiga Tahun, Ratusan Pelajar SD di Distrik Tanah Rubuh Terlantar

"KBR68H, Manokwari - Ratusan pelajar Sekolah Dasar Inpres 113 Kampung Cuhihep di Distrik Tanah Rubuh, Kabupaten Manokwari, Papua Barat terlantar selama tiga tahun."

Nathan Pigai

Tiga Tahun, Ratusan Pelajar SD di Distrik Tanah Rubuh Terlantar
pelajar SD, terlantar, tanah rubuh, manokwari

KBR68H, Manokwari - Ratusan pelajar Sekolah Dasar Inpres 113 Kampung Cuhihep di Distrik Tanah Rubuh, Kabupaten Manokwari, Papua Barat terlantar selama tiga tahun. Hal itu disebabkan tidak tersedianya tenaga pengajar di sekolah tersebut. Padahal menurut Kepala distrik Tanah Rubuh. M Sitomorang, ada beberapa guru yang telah di tempatkan di sana, namun selama tiga tahun ini mereka belum menggelar kegiatan belajar mengajar.

“Kondisi yang kami rasakan saat ini di distrik Tanah Rubuh lebih khusus mengenai pendidikan dasar ada empat (Sekolah Dasar SD-red). Satu diantaranya tutup total yaitu SD Inpres 113 Cuhihep sudah tidak operasional, tidak melayani pendidikan dasar ini.”kata M Situmorang.

Kepala distrik Tanah Rubuh. M Sitomorang menambahkan, puluhan pelajar di Kampung Cuhihep akhirnya memilih pindah ke sekolah lain, meskipun harus menempuh jarak  sangat jauh. Sementara sebagian dari mereka terpaksa putus sekolah.

Kata dia, kondisi tersebut sudah di laporkan ke Dinas Pendidikan setempat, namun hingga kini belum ada juga tenaga guru yang datang mengajar. Dia berharap Kepada Pemerintah Kabupaten Manokwari khususnya dinas terkait agar dapat melihat persoalan ini dengan serius.
 
Editor: Doddy Rosadi

  • pelajar SD
  • terlantar
  • tanah rubuh
  • manokwari

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!