Bagikan:

Pemerintah Kembangkan 2000 Desa Wisata

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menargetkan pengembangan 2000 desa sebagai desa wisata melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pariwisata. Target tersebut diharapkan terealisasi tahun depan.

NUSANTARA

Rabu, 18 Sep 2013 08:48 WIB

Author

Muliartha

Pemerintah Kembangkan 2000 Desa Wisata

desa wisata, bali

KBR68H, Denpasar - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menargetkan pengembangan 2000 desa sebagai desa wisata melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pariwisata. Target tersebut diharapkan terealisasi tahun depan. 


Dirjen Destinasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Firmansyah Rahim mengatakan, selama 4 tahun pelaksanaan PNPM Mandiri Pariwisata, hingga saat ini terdapat 970 lebih desa yang telah dikembangkan menjadi desa wisata melalui PNPM. Ia berharap melalui PNPM Mandiri Pariwisata terjadi pemerataan pembangunan pariwisata hingga tingkat desa.


“kita harus tingkatkan pemberdayaan masyarakatnya, supaya ekonominya berkembang di desa. Bukan di hotel-hotel saja yang diterima pengusaha besar, tetapi kalau di desa-desa masyarakat itu langsung dapat. Misalnya bikin homestay dan kerajinan, itu PNPM, supaya masyarakat di desa bisa langsung dapat dampak dari keberadaan pariwisata” papar Firmansyah Rahim


Firmansyah Rahim menyebutkan dari 970 lebih desa yang telah dikembangkan menjadi desa wisata tercatat 45 desa di antaranya terdapat di Bali. Kata dia, pengembangan desa wisata di Bali lebih mudah dibandingkan dengan daerah lainnya di Indonesia karena infrastrukturnya sangat mendukung.


Editor: Antonius Eko


Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Pengungsi dan Persoalan Regulasi di Indonesia