NUSANTARA

Nilai Tukar Petani di Aceh Turun

"Nilai Tukar Petani (NTP) di Provinsi Aceh tidak kunjung membaik. Pada Agustus 2013 NTP Aceh tercatat terjadi penurunan sebesar 0,36 persen bila dibandingkan dengan NTP Aceh bulan Juli lalu. Plh. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh Azhar mengatakan NTP"

radio Antero

Nilai Tukar Petani di Aceh Turun
petani, aceh

KBR68H, Banda Aceh - Nilai Tukar Petani (NTP) di Provinsi Aceh tidak kunjung membaik. Pada Agustus 2013 NTP Aceh tercatat terjadi penurunan sebesar 0,36 persen bila dibandingkan dengan NTP Aceh bulan Juli lalu. Plh. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh Azhar mengatakan NTP Aceh pada bulan Juli sebesar 103,48 poin turun menjadi 103,10 poin. Hal itu disebabkan oleh indeks harga yang diterima petani mengalami penurunan sebesar 0,03 persen, sedangkan indeks yang dibayar petani meningkat sebesar 0,33 persen.


“Nilai tukar petani Aceh menurun. Artinya ini tidak menguntungkan petani kita, karena semakin tinggi NTP maka secara relatif semakin kuat pula tingkat daya beli petani,” lanjutnya.


Azhar menambahkan dari lima subsektor NTP Aceh, hanya satu subsektor yang mengalami peningkatan nilai indeks yaitu subsektor perikanan, naik sebesar 0,79 persen. sedangkan empat subsektor lainnya mengalami penurunan indeks.


Penurunan indeks terjadi pada subsektor tanaman perkebunan rakyat sebesar 1,14 persen. Subsektor tanaman pangan seesar 0,64 persen. Subsektor hortikultura sebesar 0,42 persen dan subsektor peternakan sebesar 0,07 persen. 


Sumber: radio Antero 


Editor: Antonius Eko 

  • petani
  • aceh

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!