Membludak, Pengungsi Sinabung Kekurangan Masker dan Obat

KBR68H, Jakarta - Pengungsi letusan gunung Sinabung kekurangan obat-obatan.

NUSANTARA

Selasa, 17 Sep 2013 23:07 WIB

Author

Guruh Dwi Riyanto

Membludak, Pengungsi Sinabung Kekurangan Masker dan Obat

Pengungsi Sinabung, Kekurangan Masker, Obat

KBR68H, Jakarta - Pengungsi letusan gunung Sinabung kekurangan obat-obatan. Satuan Tugas Nasional Palang Merah Indonesia Sumatera Utara Khairunsyah mengatakan, pengungsi kekurangan obat untuk keluhan gangguan pernapasan dan mata. Kekurangan diperkirakan bertambah kalau aktivitas gunung semakin meningkat dan pengungsi terus bertambah. (Baca: Gunung Sinabung Meletus Lagi)

"Yang masih bisa terpenuhi itu sekitar 60% ada. Jadi, masalah obat-obatan itu yang utama masalah Infeksi Saluran Pernapasan dan mata. Tapi kita tidak tahu dengan aktivitas gunung ini mungkin terus meningkat. Kalau radius sampai 10 kilometer itu bakal penambahan pengungsi seperti 2010 pengungsi sudah hampir mecapai 19 ribu," kata Satuan Tugas Nasional Palang Merah Indonesia Sumatera Utara Khairunsyah ketika dihubungi KBR68H.

Siang tadi, gunung Sinabung di kabupaten Karo Suamtera Utara kembali meletus. Letusannya membuat penduduk hingga radius 6 kilometer dari puncak mengungsi. Akibatnya, jumlah pengungsi melonjak dari 5 ribu menjadi lebih 10 ribu jiwa. (Baca: Pengungsi Letusan Gunung Sinabung Memerlukan Kebutuhan Anak-anak)

Editor: Nanda Hidayat

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kapten Barcelona Lionel Messi Lampaui Rekor Cristiano Ronaldo

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18