NUSANTARA

Masih Terjadi Letusan Susulan di Gunung Lokon

Masih Terjadi Letusan Susulan di Gunung Lokon

KBR68H, Manado - Gunung Lokon di Tomohon, Sulawesi Utara, masih terus mengeluarkan debu vulkanik. Kepala Pos Pemantau Gunung Lokon, Farid Sukandana mengatakan gunung api aktif itu telah mengeluarkan 12 kali letusan dengan ketinggian debu vulkanik hingga 2500 Meter. Kata dia saat ini masih terjadi hembusan-hembusan debu gunung itu. 


“Letusan sudah 12 kali terjadi yang pertama pukul 06.12 WITA dan saat ini kondisi Gunung Lokon masih mengeluarkan hembusan-hembusan abu,” kata Farid. 


Farid Sukandana menambahkan, sejak meletus Senin (9/9) sampai pada hari ini (Selasa, 10/), Gunung Lokon masih berstatus siaga dan belum ada pengungsian. Meski begitu pihaknya menghimbau kepada masyarakat yang tinggal di radius 2,5 Km untuk tidak keluar rumah. 


Gunung Lokon di Kota Tomohon, Sulawesi Utara kembali meletus pukul 06.34 WITA. Letusan tersebut menyeburkan debu setinggi1500 meter dan mengarah ke pemukiman warga. (Zulkifli Madina) 


Editor: Antonius Eko 


  • Gunung lokon

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!