Bagikan:

Kreatif, Cara Seniman Yogya Kritik Wali Kota

Kinerja Wali Kota Yogja Haryadi Suyuti menuai sorotan tak terkecuali dari para seniman. Mereka bakal menggelar Festival Seni Mencari Haryadi yang akan digelar mulai 6 Oktober hingga 6 Maret 2014 mendatang.

NUSANTARA

Selasa, 24 Sep 2013 11:02 WIB

Author

Star Jogya

Kreatif, Cara Seniman Yogya Kritik Wali Kota

Kreatif, Seniman Yogya, Wali Kota

KBR68H, Yogya - Kinerja Wali Kota Yogja Haryadi Suyuti menuai sorotan tak terkecuali dari para seniman.  Mereka bakal menggelar Festival Seni Mencari Haryadi yang akan digelar mulai 6 Oktober hingga 6 Maret 2014 mendatang.

Agung Kurniawan, perupa yang juga salah satu pencetus ide kreatif ini menuturkan, gagasan ini bermula dari seringnya ia mendapat keluh kesah dari para seniman yang merasa tidak puas dengan kepimpinan Haryadi Suyuti.

“Nah, daripada itu hanya sekedar uneg-uneg tidak tersalurkan, kami sepakat menyampaikan kritik melalui ruang media seni. Bagi kami ini cara yang elegan ketimbang harus melakukan demonstrasi,” kata Agung, Senin (23/9).

Festival Seni Mencari Haryadi  sudah diumumkan sepekan lalu melalui situs jejaring sosial. Selain itu juga diumumkan lewat poster. Panitia membuat sedikitnya 250 poster di sejumlah fasilitas umum terutama di titik-titik strategis yang selama ini dijadikan media street art. Lucunya, kata Agung, saat mulai menempelkannya pada Senin, pekan lalu, keesokoan harinya ia mendapati poster-poster itu telah raib.

Agung menduga pencopotan itu sengaja dilakukan oleh sejumlah orang yang tidak menyukai acara seni yang dilakukan oleh para seniman. Pasalnya, beberapa poster lain yang juga dipasang di tempat sama tidak juga ikut dicopot.

“Tapi saya enggak kapok. Besok mau cetak lagi terus dipasang lagi. Kalau tetep dicopot akan saya pasang lagi. Masak kota seni dan budaya melarang seniman menggelar acara seni?” bebernya.

Festival Seni Mencari Haryadi rencananya akan berlangsung hingga lima bulan.  Setiap bulannya, Agung menargetkan ada tiga pentas seni yang dilakukan seniman. Pentas nantinya akan mencakup pertunjukan hingga seni rupa. Seperti pentas teater, musik, ketoprak, pantomime hingga pameran foto.

Festival Seni Mencari Haryadi juga terbuka bagi siapa saja yang berkeinginan untuk menyampaikan uneg-uneg melalui pentas seni. Peserta yang berniat ikut dalam festival ini diminta untuk mengirimkan proposal pentas ke email infomencariharyadi@gmail.com sepanjang festival berlangsung.

Sumber: Star Jogja
Editor: Anto Sidharta

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Jalan Berliku Warga Ibu Kota Dapatkan Udara Bersih