NUSANTARA

Jokowi: Jakarta Akan Semakin Macet Bulan Depan

"KBR68H, Jakarta - Pemerintah DKI Jakarta memperkirakan kemacetan Jakarta akan bertambah mulai Oktober mendatang. Sebab pada bulan tersebut pembangunan Monorel dan Mass Rapid Transit akan dimulai secara bersamaan."

Abu Pane

Jokowi: Jakarta Akan Semakin Macet Bulan Depan
jakarta, macet, monorel, jokowi

KBR68H, Jakarta - Pemerintah DKI Jakarta memperkirakan kemacetan Jakarta akan bertambah mulai Oktober mendatang.  Sebab pada bulan tersebut pembangunan Monorel dan Mass Rapid Transit akan dimulai secara bersamaan. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan,  pihaknya kini sedang membahas cara untuk mengurai kemacetan tersebut.

"Pembangunan monorel dilakukan berbarengan. Oleh sebab itu kita coba-coba terus managemen dan pengelolaan lalu lintasnya seperti apa. Kalau tidak di dua tempat ini bisa berbahaya. MRT kira-kira lima sampai enam tahun pembangunannya. Kalau monorel sekitar tiga tahun," ujar Jokowi di Jakarta, Senin (16/9).

PT Jakarta Monorail akan memulai pembangunan atau ground breaking monorel DKI Jakarta pada 16 Oktober 2013. Proses kontruksi akan dimulai di area Tanah Abang dekat Jalan K.H. Mas Mansyur dan Kuningan di Jalan Rasuna Said.

Jakarta Monorail sendiri secara bertahap akan mengembangkan 2 rute monorel yakni Blue Line dan Green Line. Rute Blue Line sepanjang 14,2 km mencakup Tebet-Saharjo-Menteng Dalam- Casablanca-Ambasador-Sudirman WTC-Menara Batavia-Dukuh Atas-Kebon Kacang-Tanah Abang-Cideng-Tomang-Taman Anggrek.

Sedangkan jalur Green Line sepanjang 14,8 km mencakup Casablanca- Taman Rasuna-Kuningan Sentral-Setia Budi Utara- Karet-Pejompongan-Palmerah-Stasiun Madya-Plaza Senayan-GBK-SCBD-Komdak-Satria Mandala-Gran Melia-Casablanca.

Sebelumnya, pemerintah DKI juga bakal menambah empat ribu bus trans Jakarta untuk mengurai kemacetan. Penambahan akan dilakukan secara bertahap, yakni sekitar 450 bus tahun ini, kemudian menyusul dua tahap lagi pada tahun depan. Jokowi berharap warga DKI jakarta mau menaiki bus untuk mengurangi kemacetan tersebut.

Editor: Doddy Rosadi

  • jakarta
  • macet
  • monorel
  • jokowi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!