Investor Cina Incar Pembangunan Bandara Internasional di Kulonprogo

KBR68H, Kulonprogo - Rencana pembangunan bandara Internasional di Temon, Kulonprogo, Yogyakarta menarik investor asal Cina untuk turut mengembangkan infrastruktur pendukung.

NUSANTARA

Kamis, 12 Sep 2013 11:08 WIB

Author

Radio Star Jogja

Investor Cina Incar Pembangunan Bandara Internasional di Kulonprogo

bandara internasional, kulonprogo, investor cina

KBR68H, Kulonprogo - Rencana pembangunan bandara Internasional di Temon, Kulonprogo, Yogyakarta menarik investor asal Cina untuk turut mengembangkan infrastruktur pendukung.
Kepala Badan Kerjasama dan Penanaman Modal (BKPM) DIY, Supratikno,  mengatakan ketertarikan investor asal Cina itu merupakan hasil keikutsertaaan Pemerintah DIY yang mewakili Indonesia dalam Cina Asia Expo di Kota Nanning, Ciina, pekan lalu.

Dalam expo yang mengantarkan Pemerintah DIY meraih penghargaan terbaik dari 11 negara yang ikut itu, digelar pula pertemuan antar investor di Cina. Setidaknya ada 30 investor asal Cina yang siap menanamkan modal di Yogyakarta

Salah satu investor tertarik berbisnis di DIY karena ada rencana pembangunan bandara internasional Kulonprogo. Bandara yang diprediksi mampu mendatangkan banyak wisatawan mancanegara itu menjadi magnet kuat investor itu.

Investor, menurut Supatikno, cenderung tertarik mengembangkan jalan tol yang menghubungkan Kota Yogyakarta dengan Kulonprogo yang berjarak sekitar 40 kilometer. Mereka juga melirik soal pengembangan moda transportasi kereta menuju ke bandara.
“Mereka akan menjajaki dulu dengan datang ke Yogyakarta,” katanya di Komplek Kantor Gubernur, Kepatihan, Rabu (11/9).

Menurutnya, fasilitas infrastruktur itulah yang nantinya tidak menjadi pekerjaan PT Angkasa Pura. Jalan tol itu sendiri bakal menjadi tanggung jawab Kementerian Perhubungan dan Pemerintah DIY. Adapula sarana lain yang perlu mendatangkan investor adalah pengembangan investor city.

Di tempat yang sama, Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo mengatakan pembangunan bandara itu masih menunggu terbitnya izin penetapan lokasi (IPL) bandara. Sebelumnya, Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono menyatakan IPL Bandara Internasional di Kulonprogo bakal segera keluar pada September ini.

Sumber: Radio Star Jogja

Editor: Doddy Rosadi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18