NUSANTARA

Harga Pakan Ternak Naik, Daging Ayam Ikut Melonjak

"KBR68H, Jombang "

Harga Pakan Ternak Naik, Daging Ayam Ikut Melonjak
ayam, jombang, pakan ternak

KBR68H, Jombang – Harga daging ayam di Jombang, Jawa Timur terus melonjak menyusul penaikkan harga pakan ayam. Dari pantauan KBR68H di sejumlah pasar tradisional, harga daging ayam rata-rata naik Rp 4 ribu/kilogram selama sepekan terakhir.

Harganya mencapai Rp. 32 ribu/kilogram dari sebelumnya Rp 28 ribu/kilogram. Salah satu pedagang ayam, Asiyah mengatakan, kenaikan harga ayam ini membuat sepi pembeli.

"Ya pengaruh, kemahalan ayam, pelanggan belinya sedikit banyak yang libur biasanya beli dua kilogram sekarang satu kilo, biasanya beli empat kilo ya sekarang dua kilo. Ya, pernah saya sampai bawa pulang, Ini sudah satu minggu lebih, ndak mesti, kadang saya bawa dagangan 70 kilogram, kadang ya 60 kilogram kadang ya satu kwintal," kata Asiyah.

Dampak naiknya harga pakan ayam juga merembet ke harga telur di pasaran. Sejak dua hari terkahir harga telur ayam buras di Jombang naik sebesar Rp.1500/kilogram. Salah satu pedagang, Ana, mengatakan, sebelumnya harganya telor Rp. 13.500/kilogram naik menjadi Rp.15 ribu/kilogram.

Sementara, sejak sebulan terakhir harga pakan ayam konsentrat di Jombang terus mengalami kenaikan. Sebelumnya harganya berkisar Rp. 6500/kilogram. Namun, harga itu terus mengalami kenaikan hingga sekarang berada pada angka Rp. 7500/kilogram. Para pedagang dan peternak ayam berharap pemerintah mampu mengendalikan kondisi tersebut.

Editor: Suryawijayanti




  • ayam
  • jombang
  • pakan ternak

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!