NUSANTARA

Harga Pakan Melonjak, Peternak Ayam di Jombang Gunakan Campuran Roti

"KBR68H, Jombang "

Mudji Lestari

Harga Pakan Melonjak, Peternak Ayam di Jombang Gunakan Campuran Roti
pakan ternak, jombang, campuran roti

KBR68H, Jombang – Kenaikan harga pakan membuat peternak ayam petelur di Jombang, Jawa Timur terancam gulung tikar. Salah satu peternak Bambang Suirman mengatakan, agar tetap bertahan sejumlah peternak terpaksa mencampur komposisi pakan ayam dengan bahan roti. Kata dia, roti yang sudah tidak dikonsumsi itu lebih murah dibandingankan bahan campuran lainnya. Dengan cara itu para peternak bisa menghemat biaya sekitar Rp. 100 ribu per hari.

"Untuk menyiasati harga sentrat yang naik per kilo sekitar Rp. 300 – 500, bekatul naik Rp. 300 terus jagung naiknya juga Rp. 300, kita menyiasati dengan mencampurinya dengan roti-roti dan wafer akhir yang tidak terpakai. Kita aduk jadi satu untuk menekan cost biaya pakan itu. Kalau naik lagi secara otomatis kami bimbang gimana langkah kami kedepannya," jelas Bambang.

Salah satu peternak Bambang Suirman menambahkan saat ini harga pakan ayam jenis konsentrat mencapai Rp. 7 ribu per kilogram. Padahal, sebelumnya hanya berkisar Rp. 6.500 per kilogram. Harga itu diperkirakan akan terus mengalami kenaikan. Peternak berharap agar pemerintah mampu mengendalikan harga pakan ayam.

Editor: Suryawijayanti


  • pakan ternak
  • jombang
  • campuran roti

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!