NUSANTARA

Harga Gabah di Aceh Tak Kunjung Membaik

"Harga gabah ditingkat petani di Provinsi Aceh rata-rata mengalami penurunan harga pada bulan Agustus lalu. Penurunan harga gabah terjadi pada harga gabah kering giling (GKG) dan harga gabah kering panen(GKP). Sedangkan harga gabah kualitas rendah (GKR) me"

Harga Gabah di Aceh Tak Kunjung Membaik
gabah, petani, aceh

KBR68H, Banda Aceh  - Harga gabah di tingkat petani di Provinsi Aceh rata-rata mengalami penurunan harga pada bulan Agustus lalu. Penurunan harga gabah terjadi pada harga gabah kering giling (GKG) dan harga gabah kering panen(GKP). Sedangkan harga gabah kualitas rendah (GKR) mengalami peningkatan harga.


Plh kepala Badan Pusat Statistk (BPS) Aceh Azhar mengatakan harga gabah GKG mengalami penurunan harga sebesar 0,18 persen dan harga gabah GKP turun 3,41 persen, sedangkan harga gabah GKR naik 0,63 persen.


“ini harga gabah yang kita pantau di sejumlah kabupaten kota seperti Aceh Tenggara, Aceh Timur, Pidie, Bireun, Nagan Raya, Aceh Utara, dan Pidie Jaya. Yang kita pantau adalah gabah kualitas GKP, GKG dan GKR,” lanjutnya.


Sementara di tingkat penggilingan harga gabah GKP turun sebesar 3,44 persen, gabah GKG turun sebesar 0,28 persen dan harga gabah kualitas GKR turun sebesar 2,00 persen.


Azhar menjelaskan, harga gabah di tingkat petani pada Agustus untuk kualitas GKP Rp. 4.125 per kg, kemudian kualitas GKG Rp, 4.312 per kg. Sedangkan di tingkat penggilingan, harga gabah kualitas GKP pada agustus Rp. 4.195 per kg, kualitas GKG Rp. 4.381 per kg.


Sumber: radio Antero 


Editor: Antonius Eko 

  • gabah
  • petani
  • aceh

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!