Di Malang, Anak Jalanan Dapat Bantuan Rp 1,5 juta/bulan

Lebih 700-an anak jalanan Kota Malang, Jawa Timur akan mendapat bantuan uang sebesar Rp 1,5 juta per bulan selama setahun dari Kementerian Sosial. Selain itu, mereka juga akan mendapat penyuluhan dan pelatihan dari LSM Jaringan Kemanusiaan Jawa Timur (JKJ

NUSANTARA

Senin, 23 Sep 2013 07:55 WIB

Author

Dhina Cahyantiningsih

Di Malang, Anak Jalanan Dapat Bantuan Rp 1,5 juta/bulan

anak jalanan, malang, kemensos

KBR68H, Malang – Lebih 700-an anak jalanan Kota Malang, Jawa Timur akan mendapat bantuan uang sebesar Rp 1,5 juta per bulan selama setahun dari Kementerian Sosial. Selain itu, mereka juga akan mendapat penyuluhan dan pelatihan dari LSM Jaringan Kemanusiaan Jawa Timur (JKJT).

Ketua JKTJ Teja Bawana mengatakan program ini bertujuan untuk mengurangi anak jalanan. Anak-anak itu akan mendapat pelatihan salah satunya tentang wirausaha dan menggunakan uang pemberian pemerintah untuk memulai usaha.

“Kita arahkan untuk orang tuanya untuk bisa berwirausaha dengan dana itu karena ini program berjalan selama satu tahun. Dari awal dana diterima mereka punya rekening sendiri, kita hanya kontrol penggunaannya. Bagaimana tiap bulan 1,5 juta per anak selama setahun,” ujar Teja.

JKJT akan terus memantau anak jalanan yang mendapatkan bantuan, untuk akhirnya memulai usaha. Bila kedapatan masih di jalanan, baik itu untuk mengamen atau meminta-minta, pihaknya akan memutuskan bantuan.

Rencananya bantuan akan segera dikucurkan awal Oktober nanti, setelah semua pendataan selesai. Anak-anak akan dibuatkan rekening pribadi dan dana akan ditranfer langsung oleh Kemensos setiap bulan.


Editor: Suryawijayanti



Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Perkara Anak Tersangka Kerusuhan 22 Mei Diminta Diselesaikan di Luar Pengadilan