Bagikan:

Bantu Petani, Bali Siapkan Program Si Gadis

KBR68H, Denpasar - Pemerintah Bali menyiapkan sistem informasi harga komoditas strategis (si gadis) untuk membantu petani mendapatkan informasi harga komoditas pertanian terkini.

NUSANTARA

Rabu, 18 Sep 2013 22:55 WIB

Author

Muliartha

Bantu Petani, Bali Siapkan Program Si Gadis

Petani, Bali Siapkan, Program Si Gadis


KBR68H, Denpasar - Pemerintah Bali menyiapkan sistem informasi harga komoditas strategis (si gadis) untuk membantu petani mendapatkan informasi harga komoditas pertanian terkini. Dengan adanya si gadis, nantinya para petani bisa mengetahui harga komoditas pertanian di pasar-pasar tradisional hanya dengan cara mengirimkan sms ke pusat layanan si gadis. Asisten II Setda Provinsi Bali Ketut Wija mengharapkan,  bakal terjadi pemerataan informasi hingga pada petani di daerah pedesaan maupun pegunungan. Sehingga petani tidak lagi menjual komoditasnya kepada tengkulak dengan harga murah.

“Para tengkulak ini akan berpikir, petani akan tahu dia. Misalnya kolnya ditawar sekian perkilo, dia ketik dulu, dia lihat harga di pasar. Oh tidak pak saya di pasar harga sekian, daripada saya jual disini, saya jual saja di pasar. Jadi mereka tidak akan bisa dibohongi lagi oleh para tengkulak,“ jelas Ketut Wija.

Asisten II Setda Provinsi Bali Ketut Wija menegaskan, dengan program ini para petani akan mendapatkan kepastian harga pasar, sehingga  berdampak pada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani. Selain itu,  petani juga akan tahu kebutuhan pasar dan dapat menentukan komoditas yang akan ditanam. (Baca: Petani di Bali Akan Terima Keringanan Pajak)

Editor: Nanda Hidayat

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Ragam Syarat Beli Minyak Goreng Curah, Efektifkah?