Abrasi di Bantul Ancam Rumah Warga dan Kandang Pelestarian Penyu

Abrasi masih mengancam warga di Pantai Samas, Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Bantul. Bahkan ada rumah warga yang tinggal berjarak hanya satu meter dari pantai.

NUSANTARA

Jumat, 06 Sep 2013 17:40 WIB

Author

radio Star Jogja

Abrasi di Bantul Ancam Rumah Warga dan Kandang Pelestarian Penyu

abrasi, bantul, yogyakarta

KBR68H, Yogyakarta - Abrasi masih mengancam warga di Pantai Samas, Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Bantul. Bahkan ada rumah warga yang tinggal berjarak hanya satu meter dari pantai.


Tri Mulyadi, warga Pantai Samas, mengatakan, setelah sebelumnya abrasi merusak sejumlah rumah di sebelah timur pantai, kini pasang air laut sudah mengenai sebagian kandang pelestarian penyu. 


Tak hanya kandang penyu, tempat pelelangan ikan (TPI) dan rumahnya yang berada agak ke barat (menjorok ke selatan) kini paling terancam. Bahkan menurut Tri, rumahnya hanya berjarak satu meter dari air laut.


Tri mulai memikirkan untuk mengungsi ke rumah ayahnya yang juga berada di Pantai Samas. Sebab kata dia, air pasang kadang masih tinggi. Di Samas saat ini ada sekitar enam rumah yang paling rawan terkena abrasi.


Tri juga menyatakan rencana relokasi oleh Pemkab Bantul pemerintah sampai saat ini juga belum jelas dan belum ada sosialisasi ke warga. Sejauh ini menurut Tri, hanya ada bantuan karung pasir yang dikirim ke Samas.


Sebelumnya, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul, Dwi Daryanto mengatakan, pemerintah baru mempersiapkan rencana sosialisasi relokasi ke warga serta persiapan lahan area relokasi.Lahan itu rencananya menggunakan Sultan Ground (SG) agar mudah digunakan untuk relokasi. 


Sumber: radio Star Jogja 


Editor: Antonius Eko 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Cerdik Kelola THR

Kabar Baru Jam 8

Soal Kerumunan, Kegiatan Ibadah dan Ancaman Virus Covid-19 Varian Baru

Jihad itu Sebenarnya Apa Sih?