NUSANTARA

Warga Lanny Jaya Kekurangan Bahan Makanan, Terancam Kelaparan

"Situasi itu disebabkan hujan es yang melanda daerah tersebut sejak beberapa waktu lalu. "

Arjuna Pademme

Warga Lanny Jaya Kekurangan Bahan Makanan, Terancam Kelaparan
Kemensos mendistribusikan bantuan untuk masyarakat Distrik Kuyawage, Lanny Jaya, Papua, yang kelaparan akibat cuaca ekstrem, Senin, (1/8). Foto: kemensos.go.id

KBR, Jayapura- Ratusan warga empat kampung di Distrik Kuyawage, Kabupaten Lanny Jaya, Papua, kekurangan bahan makanan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Papua, William Manderi mengatakan situasi itu disebabkan hujan es yang melanda daerah tersebut sejak beberapa waktu lalu. Hujan es di Distrik Kuyawage menyebabkan tanaman pertanian dan perkebunan warga kering.

Akibatnya, sekira 500-an warga di sana mulai kekurangan bahan makanan sejak pertengahan Juli 2022. Akan tetapi situasi itu baru dilaporkan awal pekan ini, sebab sulitnya akses komunikasi dan transportasi ke lokasi.

Kata dia, Distrik Kuyawage di Kabupaten Lanny Jaya, hanya bisa dijangkau dengan berjalan kaki selama berhari-hari, atau menggunakan pesawat berbadan kecil.

"Tim reaksi cepat akan turun untuk mengkaji itu. Kerusakannya seperti apa, terus kerugiannya seperti apa, itu nanti akan dilihat. Kepastian di lapangan seperti apa. Karena data akurat di lapangan itu menjadi dasar bagaimana kita memberikan bantuan. kejadian bencana embun beku ini, hujan es ini, inikan tiap tahun ada ini," kata William Manderi, Jumat, (5/8/2022).

Baca juga:

Pemkab Keerom Siapkan 20 Ribu Hektare Lahan untuk Food Estate

Kepala BPBD Papua, William Manderi mengatakan Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya telah mengirim pasokan bahan makanan untuk warga di sana.

Menurutnya, selain kekurangan bahan makanan puluhan warga di Kuyawage juga dilaporkan terserang penyakit. Empat orang di antaranya telah meninggal.

Katanya, hujan es di wilayah Kuyawage terjadi setiap tahun. Untuk itu, perlu dipikirkan langkah antisipasi guna mencegah agar warga tidak kekurangan bahan makanan, apabila siklus tahunan itu kembali terjadi.

Editor: Sindu

  • Papua
  • Kelaparan
  • BPBD Papua
  • Lanny Jaya
  • Embun Es
  • Hujan Es
  • Kekurangan Makanan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!