NUSANTARA

Dinkes Probolinggo Gencarkan Imunisasi Difteri

"Dinas kesehatan Probolinggo gencarkan imunisasi Difteri setelah tiga warga tewas akibat terjangkit virus tersebut"

Dinkes Probolinggo Gencarkan Imunisasi Difteri

KBR, Probolinggo- Pemerintah Provinsi Jawa Timur menetapkan Desa Gili Ketapang, Kabupaten Probolinggo berstatus Kejadian Luar Biasa (KLB) Difteri. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jatim, Erwin Astha Triyono, kebijakan tersebut diambil setelah 3 warga meninggal akibat virus tersebut.

"Sampai Agustus itu ada masing-masing satu kasus. dan dengan adanya ketemu satu kasus sehingga Dinkes probolinggo menyatakan KLB," kata Erwin Astha Triyono, Selasa (30/8/2022).

Sebagai upaya mencegah penyebaran virus, Erwin mengatakan, pihaknya telah mengirimkan surat edaran ke berbagai wilayah rawan penularan Difteri. Salah satunya meminta dinas setempat memasifkan pemberian imunisasi Difteri untuk mencegah jatuhnya korban jiwa lebih banyak.

Baca juga:

KLB di Beberapa Daerah, ITAGI: Segera Lengkapi Imunisasi Dasar Anak

Cakupan Imunisasi Menurun, Ancaman KLB di Tengah Pandemi

Sebelumnya, Dinas Kesehatan Probolinggo telah melakukan Outbreak Response Immunization (ORI) Difteri di Desa Gili Ketapang, pada pekan lalu. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo, Shodiq Tjahjono menyebut, 8.000an warga telah menerima imunisasi segera setelah tiga pasien Difteri meninggal. Shodiq menambahkan, Difteri memiliki tingkat kematian tinggi dan harus mendapat penanganan khusus.

"Imunisasi dosis pertama mencapai 85 persen di Gili Ketapang, dosis kedua 75 persen dari total sasaran. Ini harus terus dikejar untuk satu dan dua karena pada Oktober hingga November akan dilakukan imunisasi dosis tiga atau booster," ujar Shodiq, pekan lalu.

Difteri merupakan penyakit menular yang dapat menyebabkan gangguan pernafasan seperti sesak, pneumonia, kerusakan saraf,gangguan jantung hingga kematian. Umumnya Difteri menyerang anak usia 1 hingga 5 tahun. Namun tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga terjangkit. Untuk itu, imunisasi berkala wajib dilakukan agar memiliki kekebalan komunal.

Editor: Dwi Reinjani

  • KLB difteri
  • imunisasi difteri
  • bulan imunisasi anak nasional

Komentar (1)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • Indrawan2 years ago

    imunisasi seperti ini tentu sangat penting bagi kita. apalagi di era krisis kesehatan seperti sekarang ini. VISIT OUR WEBSITE : https://telkomuniversity.ac.id/ <a href="https://telkomuniversity.ac.id/en/">click here</a>