Bagikan:

ASEAN Para Games, Atlet Positif Covid-19

"Kebetulan di Kota Semarang ada perlombaan cabang renang dan ditemukan ada 10 Atlet yang terkonfirmasi Covid-19,"

NUSANTARA

Rabu, 03 Agus 2022 08:30 WIB

ASEAN Para Games 2022

ASEAN Para Games, perenang Fajar Nur Hadianto raih emas renang gaya dada 50 meter putra kategori SB4, Selasa (2/8/22).(Antara/Aji Styawan)

KBR,Solo-   Dinas Kesehatan Kota Semarang, Jawa Tengah menyebut sebanyak 10 atlet cabang olahraga renang ASEAN Para Games XI 2022 terkonfirmasi Covid-19. Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Abdul Hakam mengungkapkan 10 atlet tersebut dinyatakan positif covid-19 setelah test usap antigen.

"Kebetulan di Kota Semarang ada perlombaan cabang renang dan ditemukan ada 10 Atlet yang terkonfirmasi Covid-19," ungkap Hakam di Semarang, Selasa (02/08/22)

Ia menjelaskan, meski terkonfirmasi Covid-19 sejumlah atlet tidak mengalami gejala Covid-19 seperti demam dan batuk.

"Ketika diswab mereka tidak bergejala," jelas Hakam.

Menurut Hakam, atlet yang terkonfirmasi covid-19 diwajibkan menjalani karantina selama lima hari di Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Kota Semarang. 

"Usai karantina mereka akan kembali diizinkan untuk bertanding," imbuhnya.

Hakam menambahkan, untuk memantau kondisi kesehatan para atlet, Dinas Kesehatan Kota Semarang menerjunkan dua tim kesehatan.

"Karena jumlahnya tidak seperti di Solo, kita terjunkan dua tim, satu tim terdiri tiga  orang. Jadi menerjunkan dua  tim cukup," pungkas Hakam.

Baca juga: 

ASEAN Para Games, Indonesia Raih Emas Pertama Cabor Bulu Tangkis

Presiden Tunjuk Dante Rigmalia Jadi Ketua Komisi Nasional Disabilitas

Ketua kontingen Indonesia, Andi Herman mengatakan satu atlet masih dirawat  setelah terkonfirmasi Covid-19.

"Dari awal kita memang sudah masukkan dampak Covid ke atlet di ASEAN Para Games 2022 ini. Ini menjadi beban pemikiran kita, kita tidak bisa prediksi. Atlet kita sudah latihan keras, jaga stamina, siap tanding dan akhirnya terpapar Covid. Ya itu diluar kendali kami. Kemarin ada 3 atlet Indonesia terpapar Covid 19, saat ini tinggal 1 yang masih dirawat. Secara umum, tidak mengganggu kontingen, pertandingan mapun perolehan medali di kontingen Indonesia,' ungkap Andi Herman, Selasa (2/8/2022).

Lebih lanjut Andi mengungkapkan kontingen Indonesia akan memperketat protokol kesehatan di kontingen. Selama ASEAN Para Games, imbuh Andi Herman, kontingen Indonesia melakukan berbagai upaya agar tidak terpapar covid. 

Sejumlah aturan yang diterapkan antara lain melakukan sistem gelembung, satu hotel untuk para atlet satu cabang olahraga. Selain itu, atlet dilarang mengkonsumsi makanan dari luar hotel.


Editor: Rony Sitanggang

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Kabar Baru Jam 15

Kabar Baru Jam 14

Most Popular / Trending