Tak Penuhi Syarat, Ratusan SMA/SMK di Banyuwangi Gagal Gelar Pembelajaran Tatap Muka

"Dan yang terpenting, setiap siswa yang mengikuti PTM terbatas harus mendapat persetujuan dari orang tuanya,"

BERITA | NUSANTARA

Rabu, 18 Agus 2021 15:37 WIB

Tak Penuhi Syarat, Ratusan SMA/SMK di Banyuwangi Gagal Gelar Pembelajaran Tatap Muka

Pembelajaran tatap muka saat pandemi covid-19 di Lhokseumawe, Aceh. (Foto: Antara/Rahmad)

KBR, Banyuwangi - Ratusan SMA dan SMK di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, belum bisa menggelar proses pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas, meski Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di kabupaten itu ada di level 3. 

Pasalnya, menurut Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Wilayah Banyuwangi, Istu Handono, ratusan sekolah itu belum memenuhi persyaratan untuk menggelar PTM terbatas. Seperti, surat izin dari gugus tugas Covid-19 tingkat kecamatan, persetujuan komite sekolah, kesiapan sarana dan prasarana sekolah, tenaga pengajar atau guru telah divaksin Covid-19.

"Dan yang terpenting, setiap siswa yang mengikuti PTM terbatas harus mendapat persetujuan dari orang tuanya," katanya di Banyuwangi, Rabu (18/08/2021).

Istu mengungkapkan, baru SMA Negeri 1 Giri di Banyuwangi yang memenuhi syarat menggelar pembelajaran tatap muka terbatas.

“Masih satu sekolah. Ini kami sedang rapat dengan pengawas. Jadi sekolah yang maju itu kami wajibkan membuat panduan kegiatan pembelajaran apa saja. Setelah kami periksa, kami survei ke sekolahnya terus jalan, pelan-pelan dan harus hati-hati. Vaksinasi itu salah satu, ada izin orang tua, ada persetujuan komite, ada sertifikat gugus tugas, kemudian ada jadwal mata pelajaran,” jelasnya.

Istu berharap SMA dan SMK lainnya di Banyuwangi terus memberbaiki persyaratan, agar bisa menggelar pembelajaran tatap muka terbatas, sehingga siswa aman dalam proses pembelajaran di kelas.

Saat ini, Kabupaten Banyuwangi ada di level 3 perpanjangan PPKM. Berdasarkan intruksi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, daerah yang masuk level 1 hingga 3 boleh menyelenggarakan pembelajaran tatap muka. Selain pembelajaran tatap muka terbatas, pembelajaran jarak jauh (PPJ) juga dapat dilakukan di penerapan PPKM level 3.


Editor: Kurniati Syahdan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Siapkan Pembelajaran Tatap Muka Digelar?

Kabar Baru Jam 8

Wisata Sehat di Tengah Pandemi

Desa Wisata Tak Kehilangan Pesona