covid-19

HWDI: Vaksinasi Tidak Mudah Diakses Disabilitas

"Teman-teman tidak bisa, gimana sih alur pendaftaran vaksinasi itu seperti apa..."

BERITA | NUSANTARA

Selasa, 10 Agus 2021 15:56 WIB

HWDI: Vaksinasi Tidak Mudah Diakses Disabilitas

Ilustrasi akses bagi disabilitas. Foto: dephub.go.id

KBR, Mataram- Kelompok disabilitas di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) meminta pemerintah setempat memberikan prioritas vaksinasi Covid-19 kepada mereka.

Ketua Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI), Kabupaten Lombok Tengah, Sima Wandasari menyebut kelompok disabilitas belum mendapat prioritas dan aksesibilitas dalam memperoleh vaksin. Ia mengaku sudah menghadap ke Dinas Kesehatan Lombok Tengah terkait hal ini.

"Kami memang menginginkan vaksinasi khusus yang melayani teman-teman disabilitas HWDI. Namun, belum ada di Lombok Tengah. Masih umum sih. Kita harus daftar online. Teman-teman tidak bisa gimana sih alur pendaftaran vaksinasi itu seperti apa," kata Sima Wandasari, Selasa (10/8).

Baca juga:

Ketua HWDI Kabupaten Lombok Tengah Sima Wandasari mendorong pemerintah daerah memenuhi kebutuhan kelompok disabilitas di sejumlah fasilitas pelayanan publik.

Sebab menurutnya, fasilitas pelayanan publik seperti di puskesmas, belum tersedia tempat cuci tangan pakai sabun (CTPS) yang mudah diakses disabilitas.

Selain itu, HWDI juga menyarankan petugas pelayanan publik menggunakan masker transparan. Tujuannya, agar kelompok disabilitas tunarungu bisa berkomunikasi dengan petugas.

Editor: Sindu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Semai Toleransi ala Anak Muda Bandung