Puluhan Kasus Baru Covid Ditemukan, PT Freeport Diminta Tes Usap Massal

"Kalau hari ini PCR hanya dilakukan khusus untuk karyawan yang akan cuti dan ke Tembagapura"

BERITA | NUSANTARA

Kamis, 06 Agus 2020 12:04 WIB

Author

Arjuna Pademme

Puluhan Kasus Baru Covid Ditemukan, PT Freeport Diminta Tes Usap Massal

Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua, kawasan aktivitas pertambangan PT Freeport Indonesia. (Foto: Wikimedia Commons)

KBR, Jayapura-  Pemerintah Kabupaten Mimika, Papua meminta manajemen PT Freeport Indonesia melakukan swab tes terhadap semua pekerjanya. Juru Bicara Satuan Tugas atau Satgas penanganan COVID-19 Kabupaten Mimika, Reynold Ubra mengatakan permintaan itu disampaikan pemerintah daerah, menyusul penemuan puluhan kasus baru korona di lingkungan tambang emas dan tembaga ini dalam sepekan terakhir.

Ia mengatakan, hingga kini terdapat 81 pasien COVID-19 di Mimika dalam perawatan. Sebanyak 53 orang di antaranya merupakan karyawan PT Freeport Indonesia.

"Tim Gugus ini telah diarahkan oleh Bupati Mimika dan akan dipertimbangkan oleh PT Freeport Indonesia untuk pelaksanaan tes massal, PCR. Kalau hari ini PCR hanya dilakukan khusus untuk karyawan yang akan cuti dan ke Tembagapura, tapi ini akan kita lakukan untuk semua [karyawan], dan tentu saja akan terintegrasi dengan program kesehatan dan keselamatan kerja," kata Reynold Ubra, Kamis  (06/08).

Menurutnya, meski Pemkab Mimika telah menerapkan kenormalan baru akan tetapi kebijakan itu belum diberlakukan di Distrik Tembagapura, wilayah penambangan PT Freeport Indonesia.

Sejak Maret 2020 hingga kini, 302 pekerja PT Freeport dinyatakan terpapar korona. Sebanyak 245 karyawan dinyatakan sembuh, 53 lainnya dalam perawatan dan empat pekerja meninggal dunia.

Editor:  Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Desakan Menunda Pilkada Serentak