BERITA

Siap-siap Tarif Parkir di Jakarta Makin Mahal

Siap-siap Tarif Parkir di Jakarta Makin Mahal

KBR, Jakarta - Pemerintah DKI Jakarta tengah mengkaji kenaikan tarif parkir untuk mengurangi volume kendaraan sehari-hari.

Menurut Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, kenaikan tarif parkir itu masih dalam kajian dan penyesuaian harga yang nantinya akan disampaikan kepada publik.

“Jadi instruksi Gubernur nomor 66 tahun 2019, mengintruksikan untuk ada peningkatan tarif parkir. Nah, saat ini sedang dihitung besarannya karena tarif parkirnya tidak lagi sama untuk semua lokasi. Lokasi-lokasi yang tingkat kepadatannya tinggi tarif parkirnya akan tinggi. Jadi nanti akan ketemu biaya parkir yang asimetris, di setiap wilayah beda, di setiap jam berbeda juga beda,” ujar Anies Baswedan usai bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla di Istana Wapres, Jumat (9/8/2019).

Anies mengatakan, kebijakan tarif parkir akan sesegera mungkin dirampungkan, namun ia belum mau menyebut besaran kenaikan tarif tersebut.

"Jika tidak diumumkan secara lengkap terkait wilayah dan jam mana saja yang memiliki tarif lebih tinggi, dikhawatirkan akan menimbulkan persepsi yang salah dan malah membuat gaduh," terangnya.

Yang pasti, Anies berharap, kenaikan tarif parkir diharapkan dapat memaksa masyarakat untuk menggunakan layanan kendaraan umum daripada menggunakan kendaraan pribadi.

"Sehingga tidak menimbulkan kemacetan dan polusi udara yang lebih parah lagi," tukasnya.

Editor: Fadli Gaper

  • tarif parkir
  • Anies Baswedan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!