BERITA

Kendal Bakal Jadi Kawasan Industri Produk Ekspor

Kendal Bakal Jadi Kawasan Industri Produk Ekspor

KBR,Jakarta- Pemerintah berencana membangun Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) sektor industri pembuatan alat guna.

“KEK-nya akan prioritas ke industri 4.0. Jadi sektor industri, elektronik, furniture, kimia, itu sudah siap. Jadi tinggal diarahkan yang orientasinya ekspor 60 persen,” ujar Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto di Jakarta kepada KBR, Kamis (15/8/2019).

Rencana itu juga dikonfirmasi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil. Ia mengungkapkan, kementeriannya sudah melakukan pembebasan lahan untuk pembangunan seluas 1.000 hektare di Kendal.

Menurut Executive Director Kendal Industrial Park (KIP) Didik Purbadi, KEK Kendal akan mampu menyerap 80.000 tenaga kerja hingga 2025.

“Kami berkomitmen untuk mendatangkan investasi mencapai 600 sampai 700 juta dolar AS dalam kurun waktu tiga tahun ke depan,” kata Didik seperti dikutip Antara, Kamis (15/8/2019).


KEK Lainnya

Selain Kendal, pemerintah menyiapkan dua KEK baru lain, yakni Likupang di Sulawesi Utara dan Tanjung Api-Api di Sumatera Selatan.

"Untuk wilayah Likupang saat ini pembebasan lahan baru mencapai 200 hektare dari target 2.000 hektare, sedangkan untuk wilayah Tanjung Api-Api pembebasan lahan sudah mencapai 1.800 hektar," jelas Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil kepada KBR, Kamis (15/8/2019).

Hingga saat ini Indonesia memiliki 10 KEK yang sudah beroperasi, yakni:

    <li>Arun Lhokseumawe, Aceh<br>
    
    <li>Sel Mangkei, Sumatera Utara</li>
    
    <li>Galang Batang, Kepulauan Riau</li>
    
    <li>Tanjung Kelayang, Bangka Belitung</li>
    
    <li>Tanjung Lesung, Banten</li>
    
    <li>Maloy Buta Trans Kalimantan, Kalimantan Timur</li>
    
    <li>Mandalika, Nusa Tenggara Barat</li>
    
    <li>Bitung, Sulawesi Utara</li>
    
    <li>Palu, Sulawesi Tengah</li>
    
    <li>Morotai, Maluku Utara</li></ol>
    

    Selain itu, ada juga dua KEK yang sudah di tahap pembangunan, yaitu Tanjung Api-Api dan Sorong, Papua Barat.

    Seperti dilansir dalam situs resmi Dewan KEK RI, agenda pembangunan ini bertujuan untuk mengembangkan pusat-pusat ekonomi baru di daerah dan desa-desa.

    Editor: Agus Luqman

  • kendal
  • Jawa Tengah
  • KEK
  • Kementerian Perindustrian
  • Kementerian ATR

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!