Jelang Iduladha, Salon Kambing Kebanjiran Order

"Jadi modif saja, supaya kalau tadinya kambing tidak laku, setelah masuk salon jadi laku,”

BERITA , NUSANTARA

Rabu, 07 Agus 2019 16:16 WIB

Author

Muhamad Ridlo Susanto

Jelang Iduladha, Salon Kambing Kebanjiran Order

Pekerja memandikan sapi di Pasar Hewan Sunggingan, Boyolali, Jawa Tengah (5/8/2019). Agar terlihat lebih bersih, sehat dan menarik sebelum dijual, pedagang biasa memanfaatkan jasa salon hewan ternak. (Foto: ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho)

KBR, Cilacap- Menjelang Hari Raya Iduladha, bisnis jasa perawatan kebersihan hewan ternak, "salon sapi" atau "salon kambing", kebanjiran pelanggan.

Achmad Cirko Minarjo, pemilik salon kambing di Pasar Karangpucung, Cilacap, Jawa Tengah, mengatakan dalam setengah sehari saja ia bisa melayani sekitar 30 ekor kambing.

Nyalon mah, servis, itu 30 ekor lebih. Setengah hari sampai jam 12 siang. Menjelang Besar (Iduladha) seperti ini selalu kewalahan, kecapean lah," kata Achmad kepada KBR, Rabu (7/8/2019).

Achmad melayani jasa perawatan standar yang meliputi perbaikan kuku, perbaikan tanduk, atau cukur bulu kambing jantan.

Tadinya jasa perawatan standar itu dipatok seharga Rp20 ribu. Tapi sejak bulan Juni 2019 lalu, Achmad menaikkan tarifnya menjadi Rp30 ribu.

Ia juga menawarkan paket spesial "Creambath Kambing" seharga Rp100 ribu. Dengan paket ini, kambing akan mendapat perawatan kuku, tanduk, bulu, dan keramas sekaligus.

"Jadi modif saja, supaya kalau tadinya kambing tidak laku, setelah masuk salon jadi laku,” kata Achmad.

Kebanyakan klien Achmad adalah pedagang yang ingin kambingnya cepat laku, atau bisa dijual dengan harga lebih mahal.

Achmad mengklaim, setelah dirawat di salonnya, harga kambing bisa naik sekitar Rp100 ribu sampai Rp200 ribu per ekor karena penampilannya lebih gagah dan bagus.

Editor: Adi Ahdiat

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Pascapenggerebekan, Mahasiswa Papua di Surabaya Trauma