BERITA

Warga Banyuwangi Mulai Krisis Air Bersih

Warga Banyuwangi Mulai Krisis Air Bersih

KBR, Banyuwangi - Ratusan warga Kelurahan Pengantigan, Banyuwangi Jawa Timur, mulai mengalami krisis air bersih. Mereka mengeluhkan mampetnya saluran air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) setempat.

Warga terpaksa memanfaatkan sungai untuk mandi, cuci dan kakus. Kondisi semacam itu sudah berlangsung sepekan.


Tidak hanya itu, mampetnya layanan air bersih PDAM membuat warga kerepotan saat melakukan aktifitas lainn seperti mencuci baju.


Salah satu warga Atim Saudah mengatakan akibat tidak adanya air bersih ia dan keluarga terpaksa mandi di sungai dekat kampung, yang kondisinya sangat kotor.


Kondisi sungai banyak sampah termasuk juga bercampur limbah rumah tangga.


Mereka juga harus antre untuk mendapatkan kiriman air gratis dari mobil tanki PDAM.


"Kita dapat bantuan air mulai sekarang. Ya memang tidak bayar tapi antre. Anak saya saja kalau ke sekolah tidak mandi karena tidak ada air. Jam 1 siang air baru keluar, tapi kecil," kata Atim Saudah, Selasa (9/8/2016).


Untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga, PDAM menyupai air bersih menggunakan mobil truk tanki sejak Senin (8/8/2016).


Ratusan warga antri di depan rumah masing masing menunggu giliran. Mereka menampung pasokan air dari tangki dengan sejumlah ember.


Meski mendapat pasokan air bersih, warga masih khawatir. Sebab air bersih yang didapatkan belum tentu cukup untuk kebutuhan dalam sehari.


Kholis, warga setempat mengatakan, pasokan air dari PDAM hanya cukup untuk memasak saja.


Pejabat sementara PDAM Banyuwangi, Ayub Hidayat mengatakan mampetnya air bersih di Kelurahan Pengantigan karena debit sungai di tandon Kluncing menurun. Penurunan debit, karena imbas kemarau panjang sebelumnya.


Ayub mengatakan PDAM telah berupaya menambah pasokan ke tandon Kluncing dengan mengambil air dari tandon Kalipuro. Selain itu, PDAM juga menerjunkan tanki untuk memasok air bersih dua kali sehari yakni setiap pagi dan sore.

Editor: Agus Luqman

 

  • Krisis air bersih
  • Banyuwangi
  • Jawa Timur
  • pelayanan air bersih PDAM

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!