BERITA

Reaktivasi Jalur Kereta Kalisat-Panarukan Tunggu Perintah Kemenhub

Reaktivasi Jalur Kereta Kalisat-Panarukan Tunggu Perintah Kemenhub



KBR, Bondowoso - Rencana PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Persero mengaktifkan kembali jalur kereta api Kalisat-Panarukan masih memerlukan waktu panjang. Pasalnya, kata Kepala PT. KAI Daerah Operasional IX Jember, Jawa Timur, Rusi Haryono, pengaktifan kembali jalur kereta api ini harus menunggu instruksi dari Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

Meski begitu, menurut Rusi, pihaknya terus berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Bondowoso dan Situbondo terkait rencana pengaktifan jalur kereta api ini.

"Reaktivasi ini ada di program Dirjen Kereta Api. Kita hanya mengupayakan percepatan agar segera dilakukan. Targetnya awal 2017, tapi kembali lagi kami disini hanya pelaksana dan semua rencana diatur oleh Kemenhub," kata Rusi Haryono kepada KBR dalam kunjungannya ke Bondowoso beberapa waktu lalu.

Dia pun mengungkapkan, ada sejumlah persoalan dalam rencana pengaktifan ini. Salah satunya, soal pembebasan lahan di sepanjang rel kereta api yang kini beralih fungsi menjadi permukiman dan pertokoan.

"Syaratnya kanan kiri dari rel kereta harus bebas dari berbagai aktivitas dan bangunan. Idealnya enam meter kanan dan kiri rel bersih dari bangunan. Itu yang masih dibahas," imbuh Rusi Haryono.

Jalur Kalisat-Panarukan terbentang sepanjang 69,5 kilometer. Jalur ini melintasi tiga kabupaten yakni Jember, Bondowoso, dan Situbondo. Jalur yang dibangun era kolonial Belanda pada 1890 ini resmi ditutup pada 2004 lalu lantaran banyaknya prasarna yang rusak dan minimnya penumpang.

Baca juga: Kemenhub Pastikan KCIC Kantongi Semua Izin


Editor: Nurika Manan

  • jalur kereta api
  • PT KAI
  • Jalur Kalisat-Panarukan
  • kementerian perhubungan
  • pembebasan lahan

Komentar (1)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • Eko6 years ago

    Saya turut mendukung reaktivasi kembali jalur jalur kalisat - Panarukan semoga tambah maju transportasi indonesia. Mempermudah rakyat memilih moda transportasi yang tanpa terkena macet, cepat dan aman yaitu kereta api.