Pemkot Bogor Tutup 50 Koperasi Bermasalah

Dari hasil verifikasi 50 koperasi itu memiliki beberapa masalah seperti tidak pernah melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT), dan memiliki hutang dengan lembaga perbankan lain.

BERITA | NUSANTARA

Rabu, 03 Agus 2016 11:57 WIB

Pemkot Bogor Tutup 50 Koperasi Bermasalah

Foto: Antara


KBR, Bogor - Pemerintah Kota Bogor menutup 50 koperasi karena memiliki masalah. Saat ini data dari Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor, terdapat 797 koperasi, namun hanya 395 saja yang aktif.


Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Eko Prabowo mengatakan, dari hasil verifikasi 50 koperasi itu memiliki beberapa masalah seperti tidak pernah melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT), memiliki hutang dengan lembaga perbankan lain dan juga tidak memiliki alamat yang jelas.

"Dari hasil pelanggaran itu, makanya 50 itu dibubarkan. (Ada hutang di lembaga lain?) ya mungkin ada arah kesana, makanya kita umumkan," katanya saat ditemui di Balai Kota Bogor, Rabu (03/08).

Eko menjelaskan, koperasi yang tidak terima dibubarkan, bisa melayangkan keberatan. Namun, lanjut Eko, koperasi tersebut harus menyertakan berkas-berkas terkait lembaganya.

"Ya kalau tidak ada ya tetap kita bubarkan," jelasnya.

Awal tahun 2016, Kementerian Koperasi dan UKM menyebut jumlah koperasi di Indonesia merupakan yang terbesar di dunia yaitu 209.000 koperasi. Sementara yang telah dibekukan karena tidak aktif sebanyak 62.000 koperasi.

Baca juga: Pemerintah Luncurkan Masterplan Arsitektur Keuangan Syariah

Editor: Sasmito

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Jurus Antipunah Episode Ekonomi Lestari Lewat Wirausaha Sosial

Pengenaan PPN Pada Sembako, Tepatkah?

Kabar Baru Jam 8

Pengetatan Pelaku Perjalanan Internasional Cukup Kuat?