covid-19

Pabrik Tepung Ikan di Kotawaringin Barat Selesai November 2016

Pabrik ini diharapkan dapat meningkatkan nilai ekonomi ikan yang rendah di sana.

BERITA | NUSANTARA

Senin, 01 Agus 2016 08:41 WIB

Author

Alex Gunawan

Pabrik Tepung Ikan di Kotawaringin Barat Selesai November 2016

Foto: Antara


KBR, Pangkalan Bun- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) membangun pabrik tepung ikan di Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah. Pabrik ini ditargetkan rampung bulan November mendatang.


Menurut Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kotawaringin Barat, Rudolf Dita, pabrik ini diharapkan dapat meningkatkan nilai ekonomi ikan yang rendah dengan cara dijadikan bahan baku pembuatan tepung ikan.

"Dengan adanya pabrik tepung ikan ini, harapannya bisa berdampak pada ekonomi nelayan, terutama nelayan kecil. Sehingga ikan-ikan yang nilai ekonominya rendah, yang biasa dibuang bisa dibuat tepung ikan," kata Rudolf.

Pabrik tepung ikan ini merupakan satu dari tiga pabrik yang didirikan di seluruh Indonesia. Dua pabrik lainnya, dibangun di Halmahera Selatan dan Kendari. Selain meningkatkan nilai ekonomi ikan, pembangunan pabrik bertujuan untuk mengurangi ketergantungan impor bahan baku pakan ikan.

KKP menyiapkan anggaran sebesar Rp53,9 miliar untuk pembangunan 3 pabrik tersebut.

Baca juga: KKP Bangun 40 SKPT Hingga 2019

Editor: Sasmito 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Mampukah Polisi Respons Cepat Kasus yang Libatkan Anggotanya?