BERITA

Pabrik Tepung Ikan di Kotawaringin Barat Selesai November 2016

"Pabrik ini diharapkan dapat meningkatkan nilai ekonomi ikan yang rendah di sana."

Alex Gunawan

Pabrik Tepung Ikan di Kotawaringin Barat Selesai November 2016
Foto: Antara

KBR, Pangkalan Bun- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) membangun pabrik tepung ikan di Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah. Pabrik ini ditargetkan rampung bulan November mendatang.


Menurut Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kotawaringin Barat, Rudolf Dita, pabrik ini diharapkan dapat meningkatkan nilai ekonomi ikan yang rendah dengan cara dijadikan bahan baku pembuatan tepung ikan.


"Dengan adanya pabrik tepung ikan ini, harapannya bisa berdampak pada ekonomi nelayan, terutama nelayan kecil. Sehingga ikan-ikan yang nilai ekonominya rendah, yang biasa dibuang bisa dibuat tepung ikan," kata Rudolf.


Pabrik tepung ikan ini merupakan satu dari tiga pabrik yang didirikan di seluruh Indonesia. Dua pabrik lainnya, dibangun di Halmahera Selatan dan Kendari. Selain meningkatkan nilai ekonomi ikan, pembangunan pabrik bertujuan untuk mengurangi ketergantungan impor bahan baku pakan ikan.


KKP menyiapkan anggaran sebesar Rp53,9 miliar untuk pembangunan 3 pabrik tersebut.

Baca juga: KKP Bangun 40 SKPT Hingga 2019

Editor: Sasmito 

  • KKP
  • kotawaringin barat
  • pabrik tepung ikan

Komentar (1)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • Maman5 years ago

    Sayang sampai sekarang 24 Nopember 2018 Pabrik Tepung Ikan seperti berita diatas...BELUM DIRESMIKAN sehingga PEMBANGUNAN PABRIK NYARIS TERBENGKALAI.....Trms