Cara UGM Hindari Perploncoan: Materi Diunggah ke Internet Hingga Pengawasan 24 Jam

"Kalau ada perintah-perintah di luar yang tertuang di website, itu artinya pelanggaran," kata Rektor UGM Dwikorita Karnawati.

BERITA | NUSANTARA

Senin, 01 Agus 2016 13:57 WIB

Author

Eka Juniari

Cara UGM Hindari Perploncoan: Materi Diunggah ke Internet Hingga Pengawasan 24 Jam

Mahasiswa baru Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta berjalan usai mengikuti acara pembukaan orientasi mahasiswa baru. (Foto: Nur Endah Juniari/KBR)



KBR, Yogyakarta - Universitas Gadjah Mada (UGM) menjamin tidak ada aksi kekerasan atau plonco dalam masa orientasi mahasiswa baru.

Kegiatan orientasi mahasiswa baru di UGM dikemas dalam acara Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) UGM yang digelar 1-6 Agustus 2016.

Rektor UGM Dwikorita Karnawati dalam pembukaan PPSMB di halaman Ghra Sabha Pramana mengatakan rektorat melarang perploncoan selama kegiatan berlangsung.

Guna mengantisipasi adanya pelanggaran selama aktivitas, panitia disiagakan 24 jam. Kegiatan pun dibatasi dari jam 7.00-16.00 WIB.

Seluruh tugas selama masa orientasi juga sudah diunggah di website resmi kampus sejak sebulan sebelumnya.

Pemuatan materi orientasi di situs resmi dimaksudkan agar seluruh kegiatan dan penugasan diketahui orangtua.

Selama mengikuti PPSMB, mahasiswa mendapatkan materi berupa ke-UGM-an, pengenalan program studi, karier dan profesi serta softskill. Rektor juga melarang pelecehan baik verbal, sikap maupun mental selama berlangsung PPSMB.

"Artinya kalau ada perintah-perintah di luar yang tertuang di website, itu artinya pelanggaran. Kami terus pantau agar tidak terjadi. Panitia yang melanggar akan dikenai sanksi seusai peraturan rektor,"  kata Dwikorita, Senin (1/7/2016).

Pembukaan PPSMB UGM 2016 diwarnai atraksi terjun payung oleh 30 penerjun dari TNI dan Resimen Mahasiswa atau Menwa.

Dwikorita mengatakan semangat sportivitas yang ditunjukkan para penerjun diharapkan menular pada mahasiswa baru sekaligus panitia.

"Tim penerjun juga memperlihatkan semangat kerjasama. Perlu persiapan matang mulai dari pesawat hingga presisi mendapat," tambah rektor.

Ada sebanyak 8,745 mahasiswa baru mengikuti pembukaan PPSMB UGM 2016. Dari jumlah itu, 106 diantaranya mahasiswa asal luar negeri seperti Jerman, Prancis, Denmark dan Jepang. Di hari pertama masa orientasi, mahasiswa wajib mengenakan jas almamater dan topi anyaman bambu caping.

Editor: Agus Luqman
 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17