BERITA

Bupati Jombang Ancam Pecat Bawahan yang Sunat Dana Bedah Rumah

"“Itu sudah saya minta kepada Dinas PU Cipta Karya untuk segera melakukan pengusutan melalui Inspektorat, di situlah memang nanti kita lihat""

Bupati Jombang Ancam Pecat Bawahan yang Sunat Dana Bedah Rumah
Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandok. (Foto: KBR/Muji L.)



KBR, Jombang– Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko, berjanji bakal menindak tegas aparat Desa yang terbukti melakukan pemotongan dana program bedah rumah untuk warga miskin di wilayahnya. Bupati telah meminta Dinas terkait mengusut kasus yang diduga melibatkan panitia program dari Kementerian Perumahan Rakyat di tingkat Desa ini.

Menurut Nyono, saat ini timnya di lapangan sudah mulai menganalisa. Jika terbukti bawahannya terlibat dalam kasus pemotongan tersebut, maka dia tidak segan-segan akan memecat.

“Itu sudah saya minta kepada Dinas PU Cipta Karya untuk segera melakukan pengusutan melalui Inspektorat, di situlah memang nanti kita lihat, kalau memang ada temuan bahwa itu ada pemotongan dan lain sebagainya bahkan kalau nanti dikembalikan itu akan jadi masalah bagi aparatur Desa. Saya tidak segan-segan juga, tapi sampai hari ini masih dilakukan komunikasi," tegas Nyono Suharli, Senin (15/08/16).

Sebelumnya, dana program bedah rumah untuk warga miskin diduga dipotong.  Di antaranya diduga  terjadi di Desa Mojojejer, Kecamatan Mojowarno, dengan  sekira 28 warga miskin penerima dana Bantuan Stimulan Perumahan Rakyat dari kemenpera yang mengeluhkan pemotongan.  Sedianya, warga miskin mendapatkan anggaran Rp. 10 juta untuk program itu. Namun,  kenyataannya mereka hanya menerima Rp. 8,5 – 9 juta. Sehingga diduga terjadi pemotongan sebesar Rp. 1,5 juta dengan dalih untuk biaya administrasi.


Akibat pemotongan itu, Sejumlah penerima program  bedah rumah mengaku proses pembangunan rumah mereka hingga kini masih terbengkalai karena kekurangan dana. 

Editor: Rony Sitanggang

  • Program Bedah Rumah
  • Bupati Jombang
  • Nyono Suharli Wihandoko

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!