BERITA

Veteran Bogor: Selama 70 Tahun, Tunjangan Satu Rupiah Pun Tak Ada!

"KBR, Bogor - Tujuh puluh tahun Indonesia merdeka, seorang veteran bekas pejuang di Kota Bogor, Jawa Barat mengaku tidak menerima tunjangan satu rupiah pun."

Veteran Bogor: Selama 70 Tahun, Tunjangan Satu Rupiah Pun Tak Ada!
HM CH Ahmady salah satu veteran asal Kota Bogor yang tidak mendapatkan tunjangan. (Foto: Rafik Maeilana)

KBR, Bogor - Tujuh puluh tahun Indonesia merdeka, seorang veteran bekas pejuang di Kota Bogor, Jawa Barat mengaku tidak menerima tunjangan satu rupiah pun. Padahal ia sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM sebagai pejuang kemerdekaan.

Ia adalah HM CH Ahmady, bekas tentara pelajar Brigade 17 Divisi Siliwangi angkatan 45-50. Ia mengaku sejak kemerdekaan hingga kini, belum menerima tunjangan sepeser pun. Padahal ia ikut membela tanah air dari penjajah, salah satunya saat perang di Yogyakarta dan Makasar.

"(Bukannya Mensos bilang tunjangan veteran sudah dinaikkan?) Kata siapa? Tidak ada itu, saya veteran pejuang kemerdekaan golongan A. Sampai akhir ini, detik ini 70 tahun Indonesia merdeka, satu rupiah pun tidak menerima tunjangan veteran," katanya usai upacara peringatan HUT ke-70 RI di Lapangan Sempur, Kota Bogor, Senin (17/08).

Ahmady menjelaskan, hingga saat ini ia hanya menerima uang pensiunan saja. Sedangkan untuk tunjangan veteran tidak mendapatkannya.

"Bukan saya saja, rekan yang juga belum. Padahal kita yang memerdekakan negeri ini," kesalnya.

Jika benar Ahmady terdaftar sebagai veteran pejuang golongan A, ia berhak mendapat tunjangan Rp1,6 juta per bulan.

Pemerintah telah menerbitkan peraturan pelaksana Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2012 Tentang Veteran Republik Indonesia yang isinya mengatur hak-hak veteran. Dengan adanya aturan tersebut, maka tunjangan veteran mengalami kenaikan.

Tunjangan veteran diberikan bervariasi tergantung pada golongan. Golongan A mendapat Rp1,6 juta per bulan, sampai terendah golongan E mendapat tunjangan Rp1,4 juta. Sementara bagi veteran hak pensiun diberikan sebesar 50 persen.

Editor: Agus Luqman 

  • veteran
  • pejuang kemerdekaan
  • peringatan HUT ke-70
  • tunjangan veteran

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!