BERITA

Sembilan Kiai Terpilih Untuk Tentukan Rais Aam PBNU

"Sembilan nama perwakilan Ahlul Halli Wal Aqdi (Ahwa) sudah terpilih melalui mekanisme sidang para wakil syuriah dari seluruh Indonesia."

Muji Lestari

Suasana sidang pleno penentuan sembilan Kiai sebagai Ahwa di Ruang Pleno Muktamar, Alon-alon Jombang
Suasana sidang pleno penentuan sembilan Kiai sebagai Ahwa di Ruang Pleno Muktamar, Alon-alon Jombang. Foto: KBR/Muji Leastari

KBR,Jombang- Sembilan nama perwakilan Ahlul Halli Wal Aqdi (Ahwa)  terpilih melalui mekanisme sidang para wakil syuriah dari seluruh Indonesia. Sembilan nama tersebut merupakan hasil voting suara tertinggi dari nama-nama para kiai yang diusulkan oleh para syuriah saat sidang, yang digelar diruang rapat Pleno Muktamar mulai jam 14.00 hingga 16.00 WIB, rabu, (05/08/2015).

Salah satu Muktamirin, Achmad Sunarto, asal Rembang, Jawa Tengah berharap, kesembilan ulama perwakilan Ahwa itu mampu mewakili seluruh PWNU maupun PCNU. Kesembilan nama tersebut akan menentukan siapakah Rais Aam yang akan memimpin NU kedepan.


"Itu pilihan yang terbaik. Nanti sembilan kiai ini baru rembukan sampai jam delapan, nanti hasil rapat Ahwa ini akan disampaikan nanti jam delapan. Itu sudah mewakili dari sekian zona dan itu atas usul peserta Muktamar,' kata Achmad Sunarto, ditemui usai pleno penentuan Ahwa.


Nama kesembilan kiai yang menjadi anggota ahwa :


  1. KH. Ma'ruf Amin (333 Suara)

  2. KH. Nawawi Abdul Jalil (303 Suara )

  3. KH. TG Turmudzi Badrudin (298 Suara)

  4. KH. Kholilurohman (279 Suara)

  5. KH. Dimyati Rois (236 Suara)

  6. KH. Syekh Ali Akbar Marbun (186 Suara)

  7. KH. Makhtum Hannan (162 Suara)

  8. KH. Maemun Zubair (156 Suara)

  9. KH. Mas Subandar (135 Suara)


Rapat sidang syuriah akhirnya diskors hingga nanti malam pukul 20.00 WIB untuk memberikan kesempatan kepada para anggota Ahwa untuk berembuk dan memutuskan siapa rais Aam perode mendatang.


Setelah Rais aam terpilih, Sidang dilanjutkan dengan pemilihan secara langsung ketua Umum Pengurus Besar Nahdatul Ulama masa khidmat 2015 - 2020.


Editor: Rony Sitanggang

  • Ahwa
  • Ahlul Halli Wal Aqdi
  • sidang para wakil syuriah
  • muktamar nu 33
  • Muktamirin
  • Achmad Sunarto
  • asal Rembang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • Ferdian Kurnia Robby9 years ago

    Semoga menjadi awal pembaharuan yang lebih baik, untuk islam dan peradaban tanah air dan seluruhnya... Smoga Allah brkenan selalu meridhai, mempermudah, dan memberkahi..