BERITA

Pemkot Ternate Didesak Padamkan Kebakaran Lahan Tiga Kelurahan

Kebakaran hutan. Foto: Antara

KBR,Ternate- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ternate mendesak pemerintah setempat segera memadamkan kebakaran lahan di tiga kelurahan yang ada di kecamatan Pulau Ternate, yakni Kulaba, Bula dan Tobolo.

Anggota DPRD Kota Ternate Junaidi mengatakan, kebakaran yang terjadi sejak tiga hari lalu itu telah menghanguskan tanaman pertanian warga seperti Pala, Cengkeh dan kelapa. Kata dia, pihak DPRD bakal turun untuk meninjau lokasi dan melihat penanganan korban kebakaran.

"Komisi III akan melakukan koordinasi dengan dua instansi itu, Kantor Pemadam Kebakaran dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah untuk memastikan kesiapan mereka meninjau lokasi dan menyiapkan upaya-upaya penanganan korban kebakaran," kata Junaidi, Jum'at (21/08/2015).


Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate Hasim Yusup menyatakan, pihaknya telah melakukan upaya pemadaman api itu dengan cara melibatkan warga pada tiga kelurahan itu. Sebab, mobil pemadam kebakaran tidak bisa menjangkau lokasi kebakaran, karena lokasi kebakaran berada di pegunungan dengan medan sangat terjal.

Pemadaman api pun dilakukan secara manual menggunakan jeriken. Kebakaran diduga dipicu lahan yang kering pasca letusan Gunung Gamalama ditambah dengan panas sinar matahari yang menyengat. 

  • pemadaman kebakaran
  • penanganan kebakaran
  • kebakaran lahan ternate

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!