Harga Daging Ayam Melambung karena Anakan Mahal

Selain karena harga daging sapi tinggi, naiknya harga ayam potong juga disebabkan oleh tingginya harga jual anak ayam bakalan umur sehari atau DOC (Day Old Chicken).

BERITA , NUSANTARA

Senin, 17 Agus 2015 17:17 WIB

Author

Arie Nugraha

Harga Daging Ayam Melambung karena Anakan Mahal

Harga daging ayam melejit hingga Rp40 ribu per kilogram.

KBR, Bandung – Dinas Perdagangan dan Perindustrian Jawa Barat memperkirakan naiknya harga daging ayam potong di pasaran dipengaruhi tingginya harga daging sapi.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Jawa Barat, Ferri Sofwan Arif mengatakan selain karena harga daging sapi tinggi, naiknya harga ayam potong juga disebabkan oleh tingginya harga jual anak ayam bakalan umur sehari atau DOC (Day Old Chicken).

"Ini harus ditanyakan ke peternakan, dari hulunya harga DOC (bakalan ayam) bagaimana? Harga DOC menjelang Lebaran dan akhir Lebaran sama atau tidak? Menurut informasi harga DOC naik. Tapi naiknya berapa itu harus ditanya ke peternakan," kata Ferri Sofwan Arif usai mengikuti upacara HUT ke-70 RI di lapangan Gasibu, Bandung, Senin (17/8).

"Di hulu (di tingkat peternak) harga DOC, pakan, vaksin dan harga akhir dari peternak itulah yang menyebabkan ada angka tertentu pada harga jual ke pedagang. Sementara di kelompok pedagang atau di hilir ada empat, ada pedagang besar, ada bandar, ada pengepul, ada pengecer. Masing–masing ngambil untung. Ya pasti menyebabkan harga lebih tinggi," kata Ferri Sofwan Arif.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Jawa Barat, Ferri Sofwan Arif mengatakan, meski belum mengetahui pemicu pasti tingginya harga ayam potong, otoritasnya akan menggelar operasi pasar guna menstabilkan harga. Sebelumnya Dinas Perdagangan juga melakukan hal sama terhadap komoditas daging sapi.

Ferri Sofwan menyebutkan tingginya harga ayam potong saat ini seharusnya disikapi dengan bijak oleh para pedagang yang berencana akan melakukan aksi mogok berjualan. Meski mogok berjualan merupakan salah satu bentuk penyampaian aspirasi, tetapi idealnya para pedagang tersebut melayangkan tuntutannya secara elegan ke anggota dewan perwakilan rakyat.

Harga ayam potong di Kota Bandung saat ini menembus Rp40 ribu per kilogramnya. Dalam situasi normal, harga ayam potong ini dijual dikisaran Rp 30 ribu sampai Rp 38 ribu per kilogramnya.  

Editor: Agus Luqman 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

News Beat

Kabar Baru Jam 8

What's Up Indonesia