NUSANTARA

H-2 Kampanye, Dana Pilkada Banyuwangi Kurang Rp5 M

"KPU Banyuwangi mengajukan anggaran kampanye sebesar Rp7 miliar kepada pemerintah daerah. Sebanyak Rp2 miliar telah dicairkan. Sedangkan sisanya Rp5 miliar dialokasikan melalui APBD Perubahan 2015."

H-2 Kampanye, Dana Pilkada Banyuwangi Kurang Rp5 M
Salah satu pasangan calon peserta pilkada Kabupaten Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas-Yusuf Widyatmoko. (Foto: Hermawan/KBR)

KBR, Banyuwangi - Dana kampanye pilkada di Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur, kurang Rp5 miliar.  Padahal tahapan masa kampanye akan dimulai dua hari lagi. Masa kampanye berlangsung 27 Agustus hingga 5 Desember 2015.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah Banyuwangi Syamsul Arifin mengatakan telah mengajukan anggaran kampanye sebesar Rp7 miliar kepada pemerintah daerah setempat. Sebanyak Rp2 miliar telah dicairkan. Sedangkan sisanya Rp5 miliar dialokasikan melalui APBD Perubahan 2015.


Syamsul mengatakan belum turunya dana kampanye itu menyebabkan pengadaan alat peraga kampanye terlambat. Padahal seharusnya materi kampanye seperti baliho dan umbul- umbul terpasang pada saat kampnye dimulai.


"Kita mengajukan formula alat peraga kampanye itu kan Rp7 miliar. Oleh pemerintah daerah dijanjikan di PAK (Perubahan Anggaran Keuangan), proposalnya sudah kita masukan  dan di anggaran PAK-nya sudah tertera. Ttinggal realisasinya," kata Syamsul Arifin.


Pada hari Senin (24/8), KPU Banyuwangi menetapkan dua pasangan calon yang memenuhi persyaratan administrasi dan kesehatan sebagai peserta pilkada. Mereka adalah pasangan petahana Abdullah Azwar Anas- Yusuf Widiatmoko yang di dukung PDI Perjuangan, Partai Gerindra, Partai NasDem, PKS, DAN PAN.


Satu pasangan lainya adalah Sumatri Sudomo-Sigit Wahyu Widodo yang diusung oleh Partai Golkar dan Partai Hanura. Seusai penetapan ini, hari ini dua pasangan calon itu harus mengikuti deklarasi pilkada bersih. Hari berikutnya Rabu (26/8/2015) mereka mengikuti undian untuk memperoleh nomor urut dan penyampaian visi-misi calon bupati yang sudah ditetapkan KPU.


Editor: Agus Luqman 

  • pilkada
  • pilkada serentak
  • banyuwangi
  • jawa timur
  • KPU
  • KPUD
  • pilkada serentak 2015
  • masa kampanye
  • dana kampanye

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!