BERITA

Gunung Raung Semburkan Material Pijar Setinggi 100 Meter

"KBR, Bondowoso – Aktivitas Gunung Raung di Kabupaten Bondowoso, Jember dan Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, terpantau kembali meningkat."

Gunung Raung Semburkan Material Pijar Setinggi 100 Meter
Warga Dusun Jampit, Kecamatan Sempol bersiap memulai aktifitas dengan latar belakang Gunung Raung yang sedang mengepulkan asap tebal. (Foto: Friska Kalia)

KBR, Bondowoso – Aktivitas Gunung Raung di Kabupaten Bondowoso, Jember dan Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, terpantau kembali meningkat. Ini ditandai dengan dimuntahkannya material pijar setinggi 100 meter dari permukaan kaldera sejak Minggu malam.

Pengamat di Pos Pengamatan Gunung Api Songgon, Banyuwangi, Burhan Alethea mengatakan aktivitas Gunung Raung yang memuntahkan material pijar hingga 100 meter ini baru pertama kali terjadi. Sebelumnya, gunung setinggi 3.332 mdpl tersebut hanya memancarkan cahaya api yang berasal dari kawah.

“Benar semalam ada semburan material pijar sekitar 100 meter dari permukaan kaldera. Itu baru pertama kalinya, sebelumnya yang terlihat hanya cahaya api saja,” kata Burhan saat dihubungi KBR, Senin (3/8/2015).


Ia menambahkan, aktivitas Gunung Raung memang masih fluktuatif. Jika sebelumnya tremor sempat menurun, kali ini aktivitas tremor terpantau naik lagi. Bahkan pagi ini tercatat tremor terjadi terus menerus dengan amplitudo 7 – 32 milimeter dominan 30 milimeter. Sementara ketinggian material vulkanik tercatat mencapai 800 meter dari puncak dan condong ke arah barat laut. Meski begitu, hingga saat ini, masyarakat tetap diimbau agar tetap tenang.


Editor: Bambang Hari 

  • Gunung Raung
  • banyuwangi
  • Bondowoso
  • jember

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!