BERITA

Daftar Tunggu Calon Haji NTT Sampai 2029

Daftar Tunggu Calon Haji NTT Sampai 2029

KBR, Kupang - Tahun ini Nusa Tenggara Barat (NTT) mendapat jatah kuota haji sebanyak 519 orang. Kuota itu sama seperti tahun lalu.

Karena kuota yang tidak bertambah dari tahun ke tahun itulah, daftar tunggu calon jemaah haji asal NTT sampai tahun 2029.


Kepala Bidang Haji dan Bimas Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama NTT Muhamad Samsyul Maarif mengatakan 519 jemaah haji asal NTT akan diberangkatkan pada 9 September mendatang. Ini karena sistem pelunasan hingga hari terakhir keberangkatan.


Jemaah haji asal NTT akan diberangkatkan dari embarkasi Surabaya, Jawa Timur.


"Kita memang sengaja mengambil kelompok terbang (kloter) agak terakhir meski bukan terakhir. Ada banyak jemaah yang tanya, Pak kenapa sih kita ngga ambil kloter  awal-awal atau tengah-tengah begitu. Masalahnya sistem pelunasan kita itu kan masih terbuka sampai ke injury time (hari-hari terakhir) menjelang keberangkatan," kata Muhamad Samsyul Maarif, di Kupang Minggu (30/08).


"Sekarang ini, sudah full tapi kalau ada yang meninggal misalnya, maka yang belakang masih bisa nyusul. Tidak masalah kalau penggantinya orang dari Kupang. Tapi kalau orang dari Alor sana, ngurus sana ngurus itu, waktunya butuh lama," tambah Syamsul Maarif.


Kepala Bidang Haji dan Bimas Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama NTT Muhamad Samsyul Maarif menambahkan sebelum berangkat ke Surabaya, jemaah haji asal NTT terlebih dahulu dibekali dengan kegiatan manasik haji serta latihan peta. Ini dilakukan karena banyak jemaah yang kadang tidak tahu jalan pulang.


Editor: Agus Luqman 

  • kuota haji
  • kementerian agama
  • NTT
  • jamaah haji
  • daftar tunggu haji
  • embarkasi haji

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!